Bhabinkamtibmas Polsek Monterado Lakukan Pendataan Lahan Yang Akan Ditanami Warga

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Bengkayang – Bhabinkamtibmas Polsek Monterado BRIGADIR Dede Sulaiman bersama-sama dengan anggota Manggala Agni dan Linmas desa Serindu Kecamatan Monterado melakukan patroli terpadu KARHUTLA sekaligus mendata lahan yang akan digunakan warga untuk bercocok tanam (13/11/2017).

Untuk mencegah dan mengurangi dampak Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) di wilayah desa Serindu Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang Bhabinkamtibmas desa Serindu melaksanakan patroli wilayah yang dianggap rawan terjadinya KARHUTLA dengan melakukan pemetaan.

Bhabinkamtibmas Polsek Monterado umumnya rutin melakukan patroli dengan pendekatan kepada masyarakat memberikan pengertian dan himbauan agar tidak lagi membuka lahan dengan cara di bakar.

Cara ini sering dilakukan oleh masyarakat ataupun perusahaan karena tidak memerlukan biaya yang besar, oleh karena itu pihak perusahaan maupun perorangan kadang tidak memperhitungkan akibatnya jika membuka lahan perkebunan dengan cara membakar sangat besar resikonya.

Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH mengatakan bahwa Membuka lahan dengan cara di bakar berdampak sangat merugikan banyak orang. Selain timbulnya asap yang mengakibatkan penyakit ISPA, api yang ditimbulkan dapat merambat dan membakar hutan atau lahan lain yang berada di sekitarnya.

“Sudah ada sanksi hukumnya bagi siapa saja yang melakukan pembakaran hutan yaitu Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan, oleh sebab itu kami pihak Kepolisian Sektor Monterado sangat berharap kepada masyarakat dan perusahaan perkebunan untuk tidak melakukan hal-hal yang telah di larang tersebut”. Jelas Kapolsek Monterado.

Selama kegiatan Patroli Terpadu Cegah KARHUTLA di desa Serindu Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang berlangsung dengan kondusif.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto
Editor : Alfian N / Nanang P
Publish : Ilmy PNC

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password