Ini Aksi Tim SAR Ditsabhara Polda Jabar Berjibaku Selamatkan dan Evakuasi Masyarakat Korban Banjir di Baleendah

Tribratanews.polri.go.id –

Hujan dengan intensitas tinggi terjadi beberapa hari ini di wilayah Kabupaten Bandung. Akibatnya, Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Citarum kembali naik dan banjir kembali menerjang wilayah Baleendah dan Dayeuhkolot, Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat. Sebanyak 1.200 rumah dan sejumlah fasilitas umum kembali terendam banjir akibat luapan Sungai Citarum ini. Adapun ketinggian banjir mencapai 100cm hingga mengganggu aktifitas warga.

Agar dapat beraktifitas ke luar kampung, warga harus nekat menerobos genangan banjir dengan berbagai cara. Sementara, warga lainnya memilih menggunakan lantai dua rumahnya agar terhindar dari banjir.

Sebagai tindaklanjut penanganan kejadian bencana banjir tersebut, Tim SAR Ditsabhara Polda Jabar dibawah kendali Seksi Pammat (Pengamanan dan Penyelamatan) yang bertugas melaksanakan pengamanan dan penyelamatan terhadap bencana alam yang terjadi sejak 2 (dua) hari ini diturunkan ke lokasi bencana banjir di kawasan Baleendah. Senin (13/11/2017).

Tim SAR dibantu dengan personel Subdit Dalmas Polda Jabar terlihat berjibaku di tengah derasnya banjir di kawasan tersebut untuk menyelamatkan dan mengevakuasi warga masyarakat yang masih terjebak di kawasan bencana banjir ke tempat yang lebih aman, dan telah disiapkan oleh pemerintah Daerah setempat.

Selain melakukan pengamanan dan penyelamatan di lokasi bencana banjir, nampak Tim SAR dengan menggunakan perahu karet dan kano melaksanakan patroli menerobos pemukiman penduduk yang terendam banjir, untuk memastikan tidak ada warga yang masih terjebak di kawasan banjir.

Tim SAR juga menghimbau kepada warga masyarakat agar meninggalkan rumahnya yang terendam banjir mengingat hujan yang masih turun di kota Bandung.

Nampak beberapa anak-anak dan warga masyarakat yang telah lanjut usia berhasil dievakuasi oleh Tim SAR Ditsabhara Polda Jabar ke tempat pengungsian sementara yang lebih aman. Bahkan beberapa warga lanjut usia harus digendong oleh personel Tim SAR karena rumahnya sulit dijangkau oleh perahu karet dan kano.

“Kita akan terus pantau perkembangan situasi di lokasi bencana dan menyiagakan Tim SAR di lokasi agar sewaktu-waktu bisa digerakkan untuk melakukan pengamanan dan penyelamatan terhadap warga masyarakat di lokasi bencana banjir tersebut,” ujar Direktur Sabhara Polda Jabar, Kombes Pol Drs Diat Chardy.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password