Polda DIY Siapkan Bhabinkamtibmas untuk Awasi Dana Desa

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, menyikapi Nota Kesepahaman antara Mendagri, Mendes PDT, dan Kapolri tentang pengawasan Dana Desa, Polda DIY melalui Direktorat Binmas menggelar sosialisasi Nota Kesepahaman tersebut, Senin 13 November 2017.

Acara yang digelar di Grha Sarana Vidi ini dihadiri Wakil Gubernur Sri Paku Alam X mewakili Gubernur DIY, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., Para Camat, Kapolsek, Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas se-DIY.

Kapolda DIY dalam sambutannya menyampaikan, “Hingga saat ini belum ditemukan adanya penyelewangan dana desa di DIY, dan semoga tidak ditemukan hingga ke depan.”.

Sedangkan Sri Paku Alam X saat membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY menyampaikan bahwa melalui UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, menandai era baru dan meneguhkan eksistensi desa dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dalam rangka melindungi dan memberdayakan desa agar semakin kuat, maju, mandiri dan sejahtera perlu diatur hak dan wewenang yang diberikan kepada Kepala Desa, salah satunya adalah melalui sumber pendanaan baru bagi desa dari APBN,” jelas Wakil Gubernur.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No.113 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Keuangan Desa akan menjadi panduan bagi Pemerintah Desa dalam penatakelolaan keuangan desa yang berisi tentang hak dan kewajiban desa.

“Sosialisasi ini mempunyai nilai strategis yang menjadi upaya bersama untuk mewujudkan pertanggung jawaban dana desa secara transparan dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih, berwibawa dan akuntabel dalam rangka good governance melalui penerapan pengawalan bersama pengelolaan dana desa”, jelas Wakil Gubernur DIY.

penulis : TimProDIY
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password