6 TKI Korban Kebakaran Asal Bangkalan di Malaysia Tidak Terdaftar Asuransi

Tribratanews.polri.go.id – Polres Bangkalan, Tindak lanjut peristiwa enam TKI yang menjadi korban kebakaran di Penang Malaysia, Pemerintah telah mengambil sikap yaitu melakukan pertemuan antara  LP3TKI dan LP4TKI serta perwakilan Disnaker Kabupaten Bangkalan di Kantor Kecamatan Geger dengan  keluarga korban kebakaran. pada Kamis (9/11/2017) pukul 19.00 Wib s/d 12.00 WIB (10/11/2017).

Hadir dalam pertemuan di Kantor Kecamatan Geger tersebut  Camat Geger, Kapolsek Geger, Kades Batobella, pihak keluarga korban kebakaran, perwakilan dari LP3TKI, LP4TKI dan perwakilan dari Disnaker Kabupaten Bangkalan.

Hal pokok yang disampaikan oleh pihak LP3TKI dan LP4TKI serta perwakilan Disnaker Kab. Bangkalan memberikan informasi dan pemahaman bahwa enam korban TKI tersebut tidak terdaftar di LP3TKI dan LP4TKI (illeegal) sehingga korban TKI tidak terdaftar dalam asuransi dalam negeri atau luar negeri karena tidak ditemukan data-data dan indentitas korban seperti paspor dan Visa.

Sementara juragan (majikan) tempat korban bekerja juga masih belum ditemukan apakah masih hidup ataukah  turut menjadi korban kebakaran dan kasusnya masih dalam penyelidikan negara Malaysia, sehingga pihak LP3TKI mengalami kesulitan untuk mendata identitas korban.

Sebagai konsekwensinya maka jenasah korban kebakaran tersebut tidak bisa dipulangkan ke Indonesia karena tidak terdaftar di LP3TKI dan LP4TKI sehingga tidak ada asuransi dan biaya pemulangan ditanggung keluarga korban.

Setelah mempertimbangakan penjelasan serta saran LP3TKI dan LP4TKI agar jenazah korban dimakamkan di Malaysia saja. Akhirnya pihak keluarga korban kebakaran dapat menerima dan mengikhlaskan untuk pemakaman jenazah korban dilakukan di Malaysia.

Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M.Ridha, SIK, SH, MH melalui Kasubbaghumas AKP Bidarudin, SH mengatakan, “Pihak keluarga korban sudah menyatakan ikhlas korban dimakamkan di Malaysia dengan bukti surat pernyataan dan mengetahui Kepala Desa Batubella, “ungkapnya.

Penulis : Bidarudin

Editor : Alfian

Publish : Nenny Sasongko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password