Merti Desa, Kegiatan Budaya yang Masih Lestari di Jogja

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, kegiatan upacara adat yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan seperti Merti Desa sangat sering dilakukan oleh warga Yogyakarta. Dimana tradisi kebudayaan yang tak hanya menentramkan hati, namun juga memberikan kebanggaan atas ragam kekayaan budaya di negeri ini. Seperti yang dilaksanakan oleh warga Desa Margomulyo Seyegan Sleman dalam memperingati hari jadi desanya yang ke-71, warga desa tersebut menggelar kegiatan adat Merti Desa di lapangan Margomulyo Seyegan, Minggu (12/11/2017).

Merti desa, sering disebut juga bersih desa, hakikatnya adalah simbol rasa syukur masyarakat kepada Yang Maha Kuasa atas limpahan karunia yang diberikan-Nya. Karunia tersebut bisa berujud apa saja, seperti kelimpahan rezeki, keselamatan, serta ketentraman dan keselarasan hidup.

Merti desa dilakukan dengan kirab budaya mengintari desa dengan diikuti oleh 13 padukuhan dan 2 Bergodo, yaitu bergodo Menggung Niti Projo, Bregodo Pangeran Diponegoro. Acara kebudayaan ini dimulai dengan arak arakan empat gunungan hasil bumi dan dikawal oleh dua bergodo menuju lapangan Margorejo. Dalam perjalan kirab tersebut peserta kirab sebanyak 750 warga budaya menampilkan berbagai kesenian dan kreasi yang terbaik. Barisan prajurit atau bregodo, lalu ada barisan ibu-ibu berdandan menggunakan kebaya dan berkain jarik sambil meggendong bakul yang berisi hasil bumi.

Sesampainya di lapangan Margorejo dilakukan upacara merti dusun. Seluruh gunungan di kumpulkan menjadi satu untuk diperebutkan pada malam harinya. Kegiatan selanjutnya dilakukan dengan Ngalap Berkah Gunungan dan pagelaran wayang.

Selain perwujudan dari silaturahmi, guyub, rukun, gotong royong, kebersamaan, keakraban, tepa selira dan harmonis antar warga yang hadir. Kegiatan ini juga sebagai tujuan destinasi dunia wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun luar.

penulis : TimProDIY
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password