Nyamar Jadi Pembeli, Timsus Polda Sulsel Tangkap Pelaku Pencurian Mobil di Jeneponto

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Tim khusus (Timsus) Polda Sulsel dipimpin Ipda Artenius berhasil mengamankan seorang pria yang diduga sebagai pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) satu unit mobil di Jalan Poros Kab. Takalar – Jeneponto tepatnya di SPBU Boyong Jeneponto, Sabtu (11/11/17) malam.

Pelaku berinisial SF (33), seorang petani warga Desa Tombo-tombolo, Kecamatan. Kelara, Kabupaten Jeneponto.

Penangkapan pelaku berawal saat Timsus memperoleh informasi mengenai adanya transaksi penjualan kendaraan roda 4 berupa mobil pick up tanpa dilengkapi dengan surat-surat kepemilikan yang sah.

Atas dasar itulah 2 orang anggota Timsus menyamar sebagai pembeli mobil, saat hendak melakukan transaksi maka petugas pun bergerak cepat mengamankan pelaku SF, dari tangannya petugas menyita barang bukti berupa 1 unit mobil Suzuki Carry pickup 1,5 CC warna hitam.

 

Dari pengakuan pelaku bahwa pada hari Jumat (10/11) datang dua orang pria kerumahnya yaitu Nano dan Rusli kemudian meminta pelaku untuk  menjual 1 unit mobil tersebut dengan imbalan uang sebesar Rp 500 ribu.

Keesokan harinya ia menelpon salah seorang anggota Timsus yang menyamar sebagai pembeli untuk melakukan transaksi penjualan mobil ditempat yang telah ditentukan yaitu di SPBU Boyong Kab. Jeneponto, saat itulah ia tertangkap.

Ia juga menjelaskan bahwa dirinya (SF) tidak mengetahui asal mobil tersebut, yang ia tahu Nano (DPO) menyuruhnya untuk menjual mobil tersebut. Adapun pelaku lainnya Rusli (DPO) merupakan resedivis curanmor dan beberapa kali menjalani hukuman di wilayah hukum polda sulsel.

SF juga mengungkapkan bahwa  rencana awal penjualan mobil tersebut adalah sebesar Rp. 10.500.000,- dan dari uang tersebut dirinya mendapat keuntungan Rp. 500.000,-.

 

Setelah diperiksa lebih intens akhirnya SF mengakui bahwa dirinya bersama-sama dengan Nano dan Rusli melakukan pencurian mobil Merk Suzuki Carry warna hitam tersebut disekitar Jalan Metro Tanjung Bunga pada tanggal 11 Nopemeber 2017 sekira pukul 03.00 wita.

 

Ketika dilakukan pengembangan penunjukan TKP pencurian mobil tersebut, pelaku hendak melarikan diri sehingga petugas memberikan tembakan peringatan keudara namun tidak di hiraukan, sehingga dilakukan tindakan tegas terukur dengan menembak tersangka pada betis bagian kiri sebanyak 1 kali dan betis bagian kanan sebanyak 1 kali untuk menghentikan tindakan tersangka. Selanjutnya tersangka di bawa ke Rumah Sakit Bhayangkara.

Penulis : Harmeno

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password