Polres Halsel Gelar upacara Pembukaan dan Pelatihan Rekrutmen Proaktif Calon Anggota Polri Tahun 2018

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara,  Kepolisian Resort Kabupaten Halmahera Selatan mengelar upacara Pembukaan dan Pelatihan Rekrutmen Proaktif Calon Anggota Polri Tahun 2018 yang bertempat di lapangan apel Mapolres Halmahera Selatan.

Bertindak sebagai  Inspektur Upacara Bupati Kab. Halsel Bahrain Kasuba, S.Pd.M.Pd bersama Kapolres Halsel AKBP. Irfan Satya Prasaja Marpaung, SIK. M.si dan Komandan Upacara IPDA Wawan Lauwanto, SH, juga dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kab. Halsel, Pimpinan SKPD dilingkup Pemda Kab. Halsel, Pejabat Utama Polres Halsel. Adapun Peserta Upacara diantaranya Anggota Polres Halsel dan Siswa – Siswi SMA / SMK Sederajat di Wilayah Ibukota Labuha dan sekitarnya yang diantaranya SMK Negeri 1 Halsel, SMA Negeri 7 Halsel, SMK Informatika Muhammadiyah, SMA Alkhairat Bacan, SMK Misbahul Aulad Labuha dan SMA Negeri 1 Halsel selaku Peserta,serta  media cetak dan online liputan halsel.

Dalam Upacara tersebut Bupati Kab. Halsel Bahrain Kasuba, S.Pd.M.Pd dalam sambutannya menyampaikan penerimaan anggota polri setiap tahun akan terus menerus membuka kesempatan kerja bagi para generasi muda untuk berkarya di bidang penegakan hukum yang tentu meningkatkan kekuatan ketahanan kamtibmas khususnya di Kab Halsel.

Proses perekrutan sendiri menjadi suatu proses yang panjang dengan seleksi yg sangat ketat dan berlansung di seluruh wilayah di Indonesia dengan adanya percepatan peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia di lingkup Polri maka dilakukan penataan dan pembinaan serta penerimaan personil Polri malalui teknologi Informasi dengan metode terbaru.

”Program kegiatan penerimaan calon anggota polri di Kab Halsel melalui sosialisasi dan pemantapan kualitas rekrutmen sangat penting untuk dilaksanakan, sebab dengan adanya pembinaan lebih dini bagi putra-putri daerah maka akan meningkatkan motifasi dari para generasi muda Halsel untuk dapat proaktif dalam berkompotensi menjadi anggota Polri.” Ungkap Bupati.

Proses pembinaan dan Pelatiahan, tentunnya akan menyaring sumber daya manusia yang unggul, cerdas dan siap bersaing secara sehat dalam  kompotensi penerimaan anggota Polri tahun 2018 dan diharapkan seluruh generasi muda Kab Halsel agar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya menyambut Kompetisi Penerimaan Anggota Polri tahun 2018. ”untuk itu saya sangat mengapresiasi dan mendukung terwujudnya rekrutmen Anggota Polri tahun 2018 dan berharap agar nantinya bukan hanya polri saja yang melakukan kegiatan rekrutmen akan tetapi hal ini berlaku bagi instansi Pemerintah lainnya”.

Selain itu juga Kapolres Halsel AKBP. Irfan Satya Prasaja Marpaung, S.IK.M.si dalam sambutanya menyampaikan bahwa  Program pembinaan dan pelatihan calon anggota peserta anggota Polri ini, kegiatan Rekrutmen Proaktif yang merupakan Implementasi dan tindakan lanjut program Promoter Kapolri. Yang di canangkan oleh Mabes Polri untuk mewujudkan penerimaan anggota Polri yang bersih, Obyektif, Transparan, Akuntabel dan Berkwalitas.

Tujuan dari pembinaan dan pelatihan calon anggota Polri ini adalah “Dalam rangka penyiapan dan pembentukan sumber daya Polri yang profesional dan lebih berkwalitas yang di butuhkan oleh Polri maupun untuk  kebutuhan lokal di Kab Halsel khususnya di Polres Halsel Agar didapatkan Ouput Animo peserta seleksi calon anggota Polri yang lebih berkwalitas dan Kompetitif” Ungkap Kapolres Halsel.

Sementara itu menurut Kapolres, Agar Sumber Daya Manusia (Pemuda Pemudi/Red) yang berdomisili  di Wilayah  Kab Halsel yang memiliki daya saing yang lebih baik, secara Lokal, Nasional dan global demi pengembangan diri pribadi maupun karirnya, serta masyarakat di Kab. Halsel, Masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman, pegunungan daerah tertentu yang sering terjadi under kuota (Kurang peminat menjadi anggota Polri) mampu bersaing, berkompotensi dengan  baik dan memiliki kemampuan yang sama dalam  seleksi penerimaan anggota Polri di Polres Halsel.

Untuk mengadakan kerja sama dalam rangka pembinaan dan pelatihan bagi calon peserta seleksi anggota Polri tahun 2018 Polda Maluku Utara,  melalui MOU antara Polres Halsel dengan Pemda Kab. Halsel tentang program kerja sama Pembinaan dan pelatihan bagi calon anggota Polri tahun 2018 di Polres Halsel.

Di mana telah dilakukan penandatanganan bersama MOU antara Pemda Halsel dengan  Polres Halsel pada tanggal 25 September 2017 di Ball Room Bela International yang di saksikan oleh Kapolda Maluku Utara dan Gubernur Maluku Utara. ”Oleh karena itu guna mencari Animo dan mendapatkan calon anggota Polri yang berkualitas baik khususnya yang berada di daerah perbatasan, pulau terluar, pedalaman, pegunungan pesisir dan kota maka diperlukan adanya rekrutmen yang proaktif melalui kegiatan sosialisasi di sekolah-sekolah maupun di perguruan tinggi yang ada di Kab Halsel”. Ujar AKBP Irfan Satya.

Sehingga  wilayah yang ada di Polda Maluku Utara khususnya di Polres Halsel, salah satu cara untuk mewujudkan personil polri yang profesional di perlukan adanya pembinaan dan pelatihan terhadap masyarakat terutama dalam  proses penerimaan personil Polri sehingga calon anggota Polri dari Pokda besar.

Dalam kegiatan Upacara tersebut juga dilakukan penyematan Kartu Tanda Peserta Pelatihan kepada Perwakilan Peserta yaitu Mutmainah A. Ditti (SMA Negeri 15 Halsel) dan Riski Pratama Kamarullah (SMA Negeri 1 Halsel) yang dilakukan oleh Bupati Kab. Halsel Bahrain Kasuba, S.Pd.M.Pd serta Penyamatan Kartu Tanda Instruktur kepada Kapolsek P. Bacan IPTU. Gastimur Wanto, SIK oleh Kapolres Halsel AKBP. Irfan Satya Prasaja Marpaung, SIK.M.si.

Penulis             : Demsi Titahena

Editor             : Alfian Nur

Publish            : Wanto Tftt

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password