Pol Air Res Halmahera Utara Berhasil Mengamankan Pelaku Bom Ikan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara,  Personil Pol Air Res Halut bersama Personil Markas unit Polairud Tobelo   melaksanakan patroli bersama di perairan Desa pediwang dan desa tonua Kec. Kao Utara.

Dalam patrolinya Personil Polairud mendengar adanya bunyi ledakan bom, setelah mencari tahu posisi sumber suara ledakan, akhirnya anggota patroli melihat 6 unit perahu yang sedang menangkap ikan dengan cara di bom. Kemudian anggota patroli mengarahkan haluan ke arah 6 unit  perahu kecil tersebut. Melihat ada yang datang, orang yang berada di atas perahu-perahu tersebut langsung melarikan diri ke ke arah pantai tonuo namun personil polair yang bertugas bagian laut mengejar dan mengamankan 3 (tiga) orang pelaku bom ikan, sedangkan 3 (tiga) pelaku lainnya melarikan diri.

“3 orang pelaku bom ikan yang diamankan langsung dibawa ke kantor Satpolair Polres Halut sedangkan 3 pelaku lainnya melarikan diri dan masih dalam pengejaran,” Ungkap Anggota Patroli.

Dari penangkapan pelaku bom ikan di wilayah Perairan Halut tersebut, anggota mengamankan beberapa barang bukti diantaranya, 2 unit perahu, beserta ikan berbagai jenis dengan berat kurang lebih 8 Kg, 1 salapa, 1 kaca mata menyelam, 1 parang dan 7 gulungan pancing.

“Untuk tiga pelaku bom ikan yang berhasil melarikan diri akan tetap kita kejar dan berkoordinasi dengan aparat desa setempat untuk melakukan proses hukum terhadap para pelaku bom ikan,” Ungkanya

Pol Air Res Halut juga menghimbau, kepada seluruh masyarakat di wilayah Provinsi Malut, khsusunya para nelayan untuk tidak menggunakan bom dan bius ataupun bahan-bahan peledak berbahaya lainnya, saat mencari ikan di laut, sebab selain membahayakan diri sendiri, bom juga akan merusak terumbu karang maupun ekosistem.

“Selain peran nelayan dan masyarakat pesisir, kami juga meminta agar pemda maupun kepala desa serta tokoh agama agar bisa mengsosialisasikan tentang bahaya, dampak serta ancaman hukuman bagi para oknum nelayan yang mencari ikan dengan menggunakan bom rakitan dan bius,” pungkasnya.

Penulis             : Stenli

Editor             : Alfian Nur

Publish            : Wanto Tftt

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password