Sosialisasi dan Supervisi UPP Saber Pungli Provinsi Papua Digelar di Kabupaten Nabire

Tribratanews.polri.go.id – Polda Papua Nabire, Bertempat di Guest House Kabupaten Nabire dilaksanakan ” Sosialisasi dan Supervisi UPP (Unit Pemberantasan Pungli) Saber Pungli Provinsi Papua di Kabupaten Nabire, Jumat (10/11) siang.

Adapun Tim UPP Saber Pungli Provinsi Papua, Aswas Kajati Saring, SH, MH, Irbid Ops Polda Papua AKBP Mikael Suradal, MM Kasubdit Paminal Polda Papua AKBP Penri Arison, S.Pd, MM, Pomdam Cenderawasih Papua Kapten Cpm. Lukas, Inspektorat Provinsi Papua Irban IV Rahman Topik dan Operator Saber Pungli Polda Papua Briptu Lorens.

Dihadiri sosialisasi saber pungli tersebut, Bupati Nabire diwakili oleh Wakil Bupati Amirullah Hasyim S. IP, MM, Kapolres Nabire AKBP Sony Sanjaya, SIK, Dandim 1705/PN yang diwakili Mayor Syahrul, Para Pejabat Utama Polres Nabire, Danyon C Pelopor Brimob Nabire Kompol I Gede Putra, SH, SIK, Kajari Nabire yang diwakili Dany Rumaikewi, SH, Para Kepala SKPD Kabupaten Nabire, Perwira TNI/Polri dan Bintara serta Bhabinkamtibmas, Babinsa serta Tokoh Masyarakat, Adat, Agama dan Pelajar Kabupaten Nabire.

Sambutan Kapolres Nabire pada sosialisasi tersebut, “Satgas saber pungli dibentuk sesuai Perpres No 87 Tahun 2016 tentang satgas saber pungli dengan kewenangan, antara lain :
a). Membangun sistem cegah dan berantas pungli.
b). Pengumpulan data dan informasi dari kementrian/lembaga menggunakan teknologi informasi.
c). Melakukan OTT (Operasi Tangkap Tangan).
d). Memberikan rekomendasi kepada pimpinan kementrian/lembaga serta kepala pemerintah daerah untuk memberikan sanksi kepada pelaku pungli sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
e). Memberikan rekomendasi pembentukan dan pelaksanaan tugas unit saber pungli disetiap instansi penyelenggaraan publik kepada pimpinan kementrian/lembaga dan kepala pemerintah daerah.
f). Melaksanakan evaluasi kegiatan pemberantasan pungli,” ungkap Kapolres Nabire.

IMG-20171110-WA0338

Satgas saber pungli mempunyai tugas pemberantasan pungli secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil satuan kerja dan sarana prasarana baik yang berada dikementrian/lembaga maupun pemerintah daerah.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan supervisi dari tim UPP saber pungli Provinsi Papua kita dapat diberikan pedoman dan petunjuk demi kemajuan dan keefektivan kegiatan saber pungli di Kabupaten Nabire,” tutup Kapolres Nabire AKBP Sony Sanjaya, SIK.

Pada kesempatan itu juga, Wakil Bupati Nabire Amirullah Hasyim membacakan sambutan Bupati Nabire dalam acara sosialisasi saber pungli, yang intinya “Menindak lanjuti peraturan presiden No 87 Tahun 2016 tentang satgas saber pungli, serta Kabupaten Nabire telah membentuk satgas saber pungli pada tanggal 03 Agustus 2017 di Aula Sekda Nabire,” kata Wakil Bupati Nabire.

“Saya minta dukungan dan kerja sama semua pihak terutama tim satgas Kabupaten Nabire agar memberikan kesadaran yang tinggi terhadap masyarakat untuk selalu berlaku jujur dalam bekerja,” ungkap Wakil Bupati Nabire Amirullah Hasyim, S.IP, MM.

Setelah dilakukan sambutan oleh Kapolres Nabire dan Wakil Bupati, Ketua Tim UPP (Unit Pemberantasan Pungli) Saber Provinsi Papua Saring, SH, MH antara lain:
1). Tim UPP saber pungli Provinsi Papua dikukuhkan sekitar bulan April 2017 oleh Bapak Wakil Gubernur Provinsi Papua Bapak Klemens Tinal.
2). Sosialisasi yang dilakukan saat ini merupakan salah satu Proja Tim UPP saber pungli Provinsi Papua yang dilakukan di Kabupaten Nabire dan sebelumnya kami telah melakukan sosialisasi di Kabupaten Biak.
3). Tugas tim saber pungli dibagi dalam beberapa pokja yaitu pokja Intelijen, pokja pencegahan, pokja penindakan dan pokja yustisi.
4). Muda-mudahan dengan adanya kegiatan ini nantinya program kerja tim saber pungli di Kabupaten Nabire dapat berjalan dengan efektif demi pemerintahan daerah yang bersih, jujur dan bebas dari pungli, tutur Aswas Kajati Papua Saring, SH, MH (Ketua Tim UPP Saber Pungli Provinsi Papua).

Kemudian dilanjutkan dengan Paparan arau Sosialisasi dari masing-masing Tim UPP Saber Pungli berbagai fungsi, diantaranya Irwasda Polda Papua yang diwakili oleh Irbid Ops AKBP Mikael Suradal, Kajati Papua yang diwakili Aswas Kajati Saring, SH, MH, Kabid Propam Polda Papua melalui Kasubdit Paminal AKBP Penri Erison, S.Pd, MM, Pomdam Cenderawasih Papua Kapten Cpm. Lukas, Inspektorat Provinsi Papua yang diwakili oleh Irban IV Rahman Topik serta dilakukan tanya jawab bagi peserta sosialisasi tersebut. (*)

Penulis : Efer/Res Nabire
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Efer/Res Nabire

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password