Pelaku Curat yang Gasak 14 Laptop di Makassar Dibekuk Polsek Panakukang

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Spesialis pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) berhasil dibekuk Polsek Panakukkang, pelaku berinisial DA alias Wawan (21) warga Rappokaling Makassar dan lelaki inisial JU (35) warga Rappokaling Makassar spesialis penadah curian, Jumat (10/11/17).

Penangkapan bermula saat resmob panakukkang yang dipimpin Aiptu Yansen Siregar mendapat informasi bahwa yang melakukan pencurian pemberatan (Curat) di jalan Urip Sumiharjo Makassar yang berhasil membawa kabur 14 buah laptop, 4 buah Handphone dan 1 buah TV Led 32 inchi sedang berada di jalan Rappokaling.

Kasubbag Humas Polrestabes Makassar AKP Laode Idris mengatakan pelaku di tangkap oleh anggota resmob panakukkang bersama  resmob Polda Sulsel  dimana  lelaki inisial DA alias Wawan sedang tertidur di rumahnya jalan Rappokaling Makassar, Tutur AKP Laode Idris

“Rupanya, dari pengakuan lelaki DA alias Wawan tidak sendiri dalam melakukan aksinya, dia melakukan bersama rekannya lelaki berinisial FA alias Sinyo yang kini masih buron”, Tambahnya.

Selanjutnya pelaku di bawah untuk penunjukan TKP pelaku berusaha kabur dan melawan petugas sehingga personil Resmob memberikan tindakan tegas dengan memberikan tembakan peringatan namun pelaku tidak menghiraukan sehingga dilumpuhkan dengan tima panas tepat pada kaki sebelah kanan, kemudian dilarikan ke RS. Bhayangkara guna mendapat perawatan medis.

Hasil pemeriksaan pelaku lelaki DA alias Wawan menjual barang curiannya ke penadah lelaki JU tidak lama  Kemudian petugas juga langsung menangkapnya.

Kini pelaku di jerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal selama tujuh tahun penjara.

Maraknya kasus curat membuat kita bertanya-tanya, apa sih faktor atau alasan untuk melakukan kelakuan tercela. Seorang pencuri dalam melakukan aksinya pun memiliki alasan kenapa dia harus mencuri. Alasan-alasan itu di antaranya adalah:

1.Adanya niat

Jika niat sudah kuat, apa pun bisa dilakukan, kesempatan bisa diciptakan karena memang sudah ada niat kuat untuk melakukan pencurian tersebut. Karena niat memiliki peran peting dalah melakukan tindakan tidak terkecuali dalam pencurian, jika miat sudah bulat maka rintangan apapun akan tetap dihadapi jika sudah datang waktu yang telah direncanakan

2.Adanya kesempatan

Hal ini sesungguhnya kurang mendasar dalam hal alasan orang melakukan pencurian, namun hal ini bisa menjadi alsan kenapa oaring melakukan pencurian. Seseorang terkadang tiada niatan pada awalnya untuk mencuri, namun seiring adanya peluang atau kesempata maka niatan untuk mencuri dapat timbul seketika tanpa ada niatan yang terencana sebelumnya.

3.Faktor ekonomi

Hal ini merupakn alasan yang cukup mendasar kenapa orang melakukan pencurian, para pencuri melakukan pencurian biasanya dengan dalih untuk mencari penghasilan untuk menyambung hidup mereka.

4.Kurangnya iman

Pada dasarnya ini adalah alasan yang paling mendasar dari pencurian. Seorang pencuri tidak mungkin memiliki aqidah dan keimanan yang kuat kepada Allah sebagai zat yang mengatur kehidupan di dunia ini. Orang yang aqidah dan keimanan yang kuat sudah pasti ia tidak akan melakukan pencurian walaupun ada kesempatan dan ekonomi yang tidak stabil, bahkan niatan untuk mencuri pun tidak ada dalam benaknya.

Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam,

“Tidaklah orang yang berzina ketika melakukan perzinaan dia dalam kondisi beriman. Dan tidaklah pencuri ketika dia mencuri dia dalam kondisi beriman. Tidak juga peminum (khamar) ketika dia meminum dalam kondisi beriman.” (HR. Bukhari, no. 2334 dan Muslim, 57)

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password