Berkas Riano Lengkap, Polres Tanjabbar Limpahkan Tahap 2 Perkara ke Kejari

Dinyatakan Lengkap, Polres Tanjabbar Limpahkan Berkas dan Riano ke Kejari

Tribratanews.polri.go.id, Polda Jambi, KUALA TUNGKAL – Penyidik Polres Tanjab Barat telah limpahkan berkas dan tersangka perkara kasus dugaan penistaan agama oleh Riano Jaya Wardhana Nst ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Tanjab Barat, Kamis (09/11/17).

“Berkas dan tersangka telah kita limpahkan ke JPU Kejaksaan Negeri Tanjab Barat hari ini,” ungkap Kapolres Tanjab Barat AKBP A.D.G Sinaga, S.IK melalui Kasat Reskrim AKP Pandit Wasianto, SH, S.IK di Mapolres, Kamis (09/11/17).

Menurut Pandit, pelimpahan atau tahap dua merupakan penyerahan tersangka dan barang bukti karena telah dinyatakan lengkap oleh jaksa.

“Pelimpahan itu menyusul Surat dari Kejaksaan Negeri Tanjabbar, Nomor : 1347/N.5.15/Euh.1/11/2017, tanggal 07 November 2017 tentang pemberitahuan hasil penyidikan perkara Lengkap secara formil dan materiil,” terangnya.

Dimana, lanjut Pandit, fakta yang diteliti menggambarkan perbuatan yang dilakukan tersangka yaitu memenuhi unsur Pasal 28 (2) UU RI No 11 Tahun 2008 jo Pasal 45A (2) UU RI No 19 Tahun 2016 tentant ITE.

“Atas dasar itu kami Polres Tanjab Barat harus menyerahkan tanggungjawab tersangka dan barang bukti tersebut sesuai Pasal 8 (3) b, Pasal 138 (1) dan Pasal 139 KUHP,” terangnya.

Dari pelimpahan ini pula kata Pandit, akan menjadi wewenang Jaksa guna menentukan apakah perkara tersebut sudah memenuhi persyaratan untuk dapat atau tidak dilimpahkan ke Pengadilan.

 Penulis :  Tim Redaksi

Editor : Alfian

Publish : Lilik Adhi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password