Tampil Sebagai Irup, Kapolres Tebo Pimpin Langsung Upacara Hari Pahlawan

Tribratanewspolri.go.id, Polda Jambi Res Tebo – Menyambut datanganya peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017, Pemkab Tebo bersama Polres Tebo mengggelar kegiatan Upacara Hari Pahlawan di Lapangan Merdeka Kecamatan Tebo Tengah Kab. Tebo, Jumat (10/11/17).

Para Forkopimda Kabupaten Tebo yang mengikuti Upacara hari Pahlawan 10 November 2017
Para Forkopimda Kabupaten Tebo yang mengikuti Upacara hari Pahlawan 10 November 2017

Kegiatan upacara ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tebo AKBP Budi Rachmat, S.I.K, M.Si yang bertindak selaku Irup pada Upacara tersebut. Selain itu Tampak Wakil Bupati Tebo Syahlan Arfan, Wakapolres Tebo Kompol Umar Wijaya, S.I.K bersama para tamu undangan Forkopimda Kabupaten Lainnya. Kegiatan upacara ini juga di ikuti oleh berbagai kalangan peserta. Dimulai dari Personil Polres Tebo, Personil Kompi Senapan B Bute, Koramil Tebo Tengah, Dinas Instansi terkait Pemkab Tebo dan para Siswa SMA Sederajat dan SD di Kecamatan Tebo Tengah.

Pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan oleh paskibraka Kabupaten Tebo
Pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan oleh paskibraka Kabupaten Tebo

Dengan mengangkat tema ‘Perkokoh Persatuan Membangun Negeri’, dalam amanatnya Kapolres Tebo AKBP Budi Rachmat, S.I.K, M.Si membacakan amanat dari Mentri Sosial. Republik Indonesia. Dalam amanat yang di bacakan oleh Kapolres Tebo tersebut, disebutkan bahwa hari pahlawan yang kita peringati saat ini didasari pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah Dekolonisasi Dunia yakni peristiwa pertempuran 10 November 1945.

“Hal ini memperlihatkan kepada Dunia Internasional, betapa segenap rakyat indonesia dari berbagai Ras, Suku, Agama, Budaya dan berbagai bentuk parikulurisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia,”sebut Kapolres Tebo saat membacakan amanat dari Mensos.

Ditambahkan kembali oleh Kapolres Tebo, pada amanat tersebut Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besat adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya, Kalimat singkat dari bung karno ini memiliki makna yang sangat dalam.

“Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis Kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia,”jelas Kapolres Tebo.

Menurut Menteri Sosial Republik Indonesia, melalui visi yang transformatif di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Yusuf Kalla memberikan harapan masa depan yang lebih baik yang menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong.

Kegiatan seusai uapcara dengan memberikan bantuan kepada masyarakat Tebo
Kegiatan seusai uapcara dengan memberikan bantuan kepada masyarakat Tebo

Usai Upacara Hari Pahlawan tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan memberikan bantuan dan hadiah kepada beberapa masyarakat Tebo yang diserahkan langsung kapolres Tebo bersama Forkopimda Kabupaten Tebo. Seusai kegiatan ini Kapolres Tebo AKBP Budi Rachmat, S.I.K, M.Si sempat mengutarakan kepada media, pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini khususnya para generasi muda sebagai harapan bangsa dapat meneruskan perjuangan para pahlawan terdahulu dengan mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif dan berprestasi.

“Itulah harapan kami kepada generasi muda khususnya agar tidak melupakan jasa dari para pahlawan terdahulu dan bisa meneruskan perjuangan para pahlawan dengan menciptakan prestasi yang baik untuk kebaikan bangsa ini dan mengisinya dengan kegiatan yang dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan negerin ini,”pungkas Kapolres Tebo.

Penulis    : Dian SM / Res Tebo Jambi

Editor      : Alfian Nurnas

Publish   : Dian SM / Res Tebo Jambi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password