Diduga Ditipu Oknum ASN, Petani ini Melapor di Polres Tomohon

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Dugaan penipuan berkedok jaminan lulus menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) dialami seorang petani bernama Rumimper W. Lengkong (55), warga Desa Rumengkor Dua Jaga III, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa.

Pelapor saat melaporkan kasus di SPKT Polres Tomohon, Jum’at (10/11/2017) menerangkan, dugaan penipuan tersebut dilakukan oleh oknum ASN berinisial SL, warga Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon.

Kejadiannya, lanjut pelapor, pada bulan Mei 2016 silam, di Pasar Beriman Kota Tomohon. Saat itu terlapor mempengaruhi pelapor agar anaknya dijadikan sebagai ASN dijajaran Pemerintah Kota Tomohon. Jika mau, terlapor bisa membantu dan dijamin akan langsung diterima.

Tergiur bujuk rayu, pelapor pun menyetujui tawaran tersebut. Kemudian pada 11 Mei 2016, pelapor menemui terlapor di Pasar Beriman. Dalam pertemuan ini, terlapor meminta uang kepada pelapor sebesar Rp 125 juta, dengan dalih untuk memperlancar proses penerimaan.

Berhubung saat itu pelapor tidak memiliki cukup uang, maka pembayaran akan dilakukan secara bertahap. Setelah 4 kali menyetor uang dengan total Rp 90 juta, ternyata terlapor selalu mengelak dan sudah tidak mau menerima telepon dari pelapor. Janji manis itupun hingga sekarang tak pernah terwujud.

Kapolres Tomohon, AKBP I Ketut Agus Kusmayadi melalui Kasubbag Humas, Iptu Liston Purba membenarkan adanya laporan tersebut. “Laporan sudah diteruskan ke Satuan Reskrim kemudian akan disiapkan administrasinya untuk ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Penulis: Johnny
Editor: Alfian
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password