Personel Fungsi Binmas Jajaran Polda Kalsel Diberi ‘Pengarahan Khusus’

tribratanews.polri.go.id- Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol. Drs. H. Arkian Lubis, S.H., M.Si., bersama tim Korbinmas Baharkam Polri memberikan arahan tehnis fungsi Binmas kepada pejabat Direktorat Binmas dan Satbinmas jajaran Polda Kalsel di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri, Jumat (10/11/2017).

Hadir dalam kegiatan ini, Wakapolda Kalsel Kombes Pol. Nasri SIK, Dir Binmas Polda Kalsel Kombes Pol. Tata S, para Pejabat Utama dan para Kasat Binmas, Kanit Binmas Polsek serta Bhabinkamtibmas jajaran Polda Kalsel. Mengawali kegiatan, Wakapolda Kalsel meberikan sambutan dan ucapkan selamat datang kepada Kakorbinmas Baharkam Polri bersama Tim di Polda Kalsel.

Dalam arahannya, Kakorbinmas Polri mengatakan, Korbinmas pembesaran dari Dir Binmas dan Irjen Pol. Drs. H. Arkian Lubis, S.H., M.Si. adalah sebagai pejabat Kakorbinmas pertama, setelah pemekaran Binmas. Lambang Binmas yang baru “Berjabat Tangan” ini bermakna kesetaraan dan kebersamaan serta bermitra dengan masyarakat.

“Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak pencegahan semua bentuk kejahatan dan gangguan keamanan, oleh karena itu Babinkamtibmas harus rajin blusukan, keluar masuk desa untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Jangan tinggal diam di rumah atau kantor, buka rumah untuk siapa pun yang datang, kunjungi pemukiman warga, sapa mereka, jabat tangannya, sebagaimana logo Babinkamtibmas berjabat tangan,” kata Kakorbinmas.

Kakorbinmas Polri berharap, kedepan Binmas semakin maju dan peka terhadap perkembangan masyarakat, diantaranya dari medsos dan konvensional. Untuk itu, anggota Binmas harus bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat dipedesaan. Tujuannya agar masyarakat lebih paham tentang berita bohong (hoax) dan berita yang benar.

Dikatakannya, ketika sebuah gangguan keamanan terjadi, maka sebetulnya penanganannya sudah ada pilihannya sendiri. Jika sudah kejadian, itu bagian Reserse Kriminal. Jika informasinya akan terjadi gangguan, itu bagian Intelkam. Namun jika mencari akar dan menangani pencegahannya agar tak terjadi gangguan keamanan, maka itu menjadi bagian Satbinmas, atau Babinkamtibmas yang berada di pelosok desa. Merekalah yang harus dievaluasi dan mengadakan evaluasi apa yang sudah dikerjakan. “

Diakhir arahannya, Kakorbinmas berpesan kepada seluruh personil Bhabinkamtibamas, agar kuasai intel dasar ditempat tugasnya, kuasai permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat, cari dan temukan solusi dalam penyelesaian masalah serta petakan titik rawan konflik di wilayah masing-masing,” ujarnya.

penulis : Yudha

editor   : Alfian

publish : Hamsan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password