Semarak Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Polda Sulbar, Karoops Jadi Irup

tribratanews.sulbar.polri.go.id – Tanggal 10 November adalah merupakan hari Istimewa dan sakral. Karena moment ini adalah hari untuk mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan yakni para pendiri republik Indonesia.

Olenya itu, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat dalam rangka memperingati dan menyemarakkan hari pahlawan menggelar Upacara sebagai simbol penghargaan dan penghormatan atas perjuangan para pendahulu untuk meraih kemerdekaan.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Karoops Polda Sulbar Kombes Pol H. Yohannes Soeharmanto, SIK dan dihadiri oleh para Pejabat utama dan seluruh personil Polda Sulbar. Jumat (10/11/17) di Lapangan Apel Mapolda, Jl. Ahmad Kirang Mamuju

Dalam pelaksanaannya, Upacara tersebut ditandai dengan Pengibaran bendera merah putih dan Pembacaan Teks Undang-Undang Dasar 1945.

Karoops Kombes Yohannes, pada amanat yang dibacakannya menyebutkan bahwa Setiap tanggal 10 November, kita seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Lanjut dikatakan, Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan – bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia!

Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia

Pada kesempatan yang baik ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini, Selamat Hari Pahlawan Tahun 2017 “Merdeka. Merdeka. Merdeka”. Tutup Karoops.

Penulis : dhyman

Editor : Alfian

Publish : dhyman

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password