Sekjen Barisan Merah Putih RI: Orang Papua Turut Terlibat dalam Proses Mempertahankan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Jayapura – Menyambut Hari Pahlawan tanggal 10 November 2017, Sekjen Barisan Merah Putih RI Tanah Papua Yonas Alfons Nussy memberikan tanggapannya tentang Hari Pahlawan di Kediamannya di Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Rabu (01/11/2017).

Yonas Nussy mengungkapkan, terkait dengan Hari Pahlawan 10 November ini, negara harus mengakui bahwa orang Papua turut terlibat dalam proses mempertahankan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Buktinya, ada tokoh-tokoh Papua yang hadir pada hari sumpah pemuda dan itu ada dokumen lengkap yang dimiliki oleh barisan merah putih.

“Tokoh-tokoh Papua yang turut terlibat dalam memperjuangakan Kemerdekaan Republik Indonesia banyak sekali, salah satunya yang sudah adalah bapak Marthen Indey. Beliau ini adalah seorang anggota polisi yang dengan gigih bersama-sama dengan orang tua saya juga yang turut berjuang serta mempertahankan Papua dalam NKRI,” ungkap Yonas.

Memperingati hari pahlawan ini, sambungnya, masih ada banyak pahlawan-pahlawan asal Papua yang belum masuk dalam catatan negara Indonesia, padahal mereka juga turut serta dalam mempertahankan kedaulatan NKRI diatas Tanah Papua.

“Seperti orang tua saya yang pernah terlibat pada kegiatan ini tidak pernah tercatat. Beliau adalah Mayor Jenderal Aser Samori, sebagaimana pangkat terakhir beliau dibacakan oleh Kodam 17 Cenderawasih,” terang Yonas.

Yonas juga meminta kepada Kapolda Papua agar menyatukan seluruh anak-anak bangsa yang ada di Papua ini agar mereka punya masukan-masukan dan tanggapan-tanggapan dapat membangun Papua agar lebih maju lagi.

Menyangkut hari pahlawan, dirinya menghimbau dan berharap kepada pemerintah daerah maupun Kapolda untuk bisa memberikan ruang kepada tokoh-tokoh yang dilihat sebagai orang yang pernah berjasa terhadap negara, untuk bisa mengumpulkan mereka dalam 1 tempat sehingga hari pahlawan ini, turut memberikan jawaban akan kebutuhan hari ini kedepan. Hari pahlawan ini bisa memberikan kerekatan antara pemerintah, Polri dan TNI, agar bisa bersatu untuk melihat pembangunan di Papua ini kedepan.

“Saya juga menghimbau kepada masyarakat dan seluruh komponen yang ada, agar kita mengawal proses pemilihan Gubernur dan Bupati pada tahun 2018 agar berjalan sesuai dengan harapan kita bersama, yaitu aman dan damai. Kita hentikan komunikasi-komunikasi yang bukan dari sumber yang terpercaya dan tidak bertanggung jawab, karena akan menjatuhkan wibawa dan harga diri orang Papua,” tutup Sekjen Barisan Merah Putih RI Tanah Papua Yonas Alfons Nussy.

Penulis: Vicky

Editor: Alfian Nur

Publisher: Reinaldy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password