Kapolres Barito Kuala Pimpin Rakor Penghapusan Penggunaan Merkuri

Tribratanews.polri.go.id, Polres Barito Kuala – Rapat Koordinasi dalam rangka pelaksanaan Penghapusan dan Penggunaan Merkuri di wilayah Kabupaten Barito Kuala digelar di Aula Jananuraga Mapolres Barito Kuala, Kec. Marabahan, Rabu (8/11/2017). Rapat dipimpin langsung Kapolres Barito Kuala, AKBP Syahril Saharda S.I.K. M.Si.

Giat ini dihadiri Waka Polres Batola, Kompol Awilzan S.I.K., PJU Polres Batola, perwakilan Dinas Kesehatan Batola, Kasi Perdagangan Dinas Perindagkop Batola, Surono, Heppy dari Dinas Perhubungan Batola, Kanit Reskrim Jajaran Polres Batola, serta Kanit Intelkam Jajaran Res Batola.

Dalam sambutannya AKBP Syahril Saharda S.I.K. M.Si mengatakan, pembentukan satgas penghapusan penggunaan merkuri di Batola sebagai implementasi instruksi presiden terkait penghapusan penggunaan merkuri pada tahun 2018.

Kemudian satgas merkuri di Batola dengan agenda pencegahan penggunaan merkuri yang diisi dengan giat sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya penggunaan merkuri. Juga tentang antisipasi jalur distribusi bahan baku merkuri yang melalui wilayah Kabupaten Batola.

Sementara itu, menurut Dinas Koperindag Batola, belum terdapat data distribusi dan penggunaan merkuri di Batola. Juga belum ditemukan adanya transaksi ataupun kegiatan yang berkaitan dengan penghapusan penggunaan merkuri.

Dari Dinas Kesehatan Batola menyebutkan belum terdapat sarana dan prasarana pendukung untuk pemeriksaan dampak merkuri. Karena itu, sebaiknya dilakukan sosialisasi dengan memasang spanduk atau baliho terkait dampak penggunaan merkuri bagi manusia.

Sedang Dinas Perhubungan Batola mengungkapkan, pada tahun 2015 pernah ditemukan adanya distribusi merkuri ke arah Provinsi Kalteng, namun belum ada tindakan mengingat batas kewenangan yang dimiliki oleh Dishub Batola.

Penulis : Zulkifli

Editor : Alfian

Publish : Sayyid M.R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password