Brigadir Febri Anggota Bhabinkamtibmas Penampung Keluhan Warga Binaannya

 

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – “Kami susah dapatkan Pupuk Urea Bersubsidi Om Febri !?!” Begitulah jawaban para Petani yang penuh harap kepada Brigadir Febri TS. S.Pd anggota Bhabinkamtibmas Desa Kuala Rosan personil Polsek Meliau Polres Sanggau.

Keluhan warga tersebut disampaikan oleh warga Petani dalam acara rapat GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) se-desa Kuala Rosan pada Rabu (08/11/2017) pukul 07.00 s/d Pukul 10.00 Wib di Aula SD Negeri Dusun Batu Laut Desa Kuala Rosan Kec. Meliau Kab. Sanggau.

Rapat tersebut membahas tentang hasil produksi ternak Unggas, Kebun dan Perikanan yang dinilai sangat minim. Rapat Gapoktan tersebut dihadiri oleh gabungan kelompok peternak Unggas, kelompok petani Sayur-mayur dan buah-buahan, serta kelompok petani Tambak ikan air tawar, Kolam dan Keramba.

Gabungan Kelompok Tani tersebut merasa kesal dan kecewa karena usaha yang telah mereka lakukan sudah sangat maksimal, namun hasil yang didapat tidak memuaskan/minim. Ada beberapa penyebab yang disampaikan warga GAPOKTAN, diantaranya Langkanya persediaan Pupuk Urea bersubsidi atau sejenisnya, Tingginya harga Pupuk Urea atau sejenisnya dan harga pakan ternak Unggas dan Ikan, Sering terjadi wabah penyakit ternak Unggas atau Sampar, Buruknya kualitas air kolam yang disebabkan PH air yang tinggi atau asam serta Buruknya kualitas air sungai yang disebabkan seringnya warga diwilayah dusun lain yang sering meracun Ikan dan Udang dengan Tuba.

Pada rapat Gapoktan se-desa Kuala Rosan tersebut, terasa kedekatan antara Bhabinkamtibmas dengan warga binaannya. Rapat GAPOKTAN tersebut dihadiri oleh tokoh Masyarakat, tokoh Agama dan tokoh Adat dusun Batu Laut.

Dalam kesempatan tersebut, Brigadir Febri menghimbau kepada warga binaannya, agar menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dan tetap menjaga keaslian ekosistem lingkungan yang ada terutama air dan hutan. Dalam berkebun, bertani dan beternak yang baik dan benar, serta keluhan para warga GAPOKTAN tersebut akan diteruskan kepada Kapolsek Meliau Iptu MR. PARDOSI, S.H. dengan merekomendasikan agar Kapolsek koordinasi dengan instansi terkait khususnya mengenai susahnya para Petani mendapatkan Pupuk Urea Bersubsidi di wilayah kecamatan Meliau khususnya desa Kuala Rosan yang sudah tergabung dalam kelompok tani.

Penulis : Denny Ardiyanto / Reno Wisnu Pradana
Editor : Alfian Nurnas / Nanang. P
Publish : Dhean

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password