Semarak HUT ke-72 Brimob di Trenggalek : Pameran Peralatan Tempur hingga Keseruan Selfie Bareng Pasukan Elit

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Peringatan HUT ke-72 Pasukan elit Polri Brigade Mobil tahun ini dirayakan dengan meriah. Brimob yang merupakan metamorfosis dari polisi istimewa ini menggelar napak tilas sejarah perjuangan pasukan Polri. Napak tilas dilaksanakan selama 8 hari mulai tanggal 5 hingga 12 November 2017. Rute yang ditelusuri adalah jalan-jalan yang pernah dilalui oleh pejuang polisi istimewa di Jawa Timur.

Diawali keberangkatan dari Surabaya tanggal 5 November yang lalu diteruskan Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo dan finish di Tugu Peringatan Brigade Mobil Desa Kandangan Kecamatan Kare Madiun dengan jarak tempuh 308 km dengan 33 etape.

Selain napak tilas yang diikuti oleh 32 peleton dengan jumlah total 1.056 orang ini juga melaksanakan berbagai kegiatan sosial, pengobatan gratis, road show, hiburan, atraksi serta pameran alat khusus dan kemampuan Brimob di setiap kota yang disinggahi.

Nah, hari ini giliran masyarakat kota Trenggalek yang berkesempatan melihat langsung rombongan pasukan kebanggaan Polri itu melintas di jalan protokol kota yang terkenal dengan tempe kripik ini. Sekitar pukul 10.00 WIB iring-iringan pasukan Brimob, lengkap dengan kendaraan taktis masuk melalui kecamatan Durenan menuju etape 19 di halaman kantor kecamatan Pogalan, Kamis (09/11).

Uniknya, selain bersenjata lengkap, satu peleton inti beseragam pasukan polisi instimewa berwarna krem berikut topi berbentuk kerucut layaknya seragam polisi tempoe doloe. Sedangkan pasukan pengiring menggunakan seragam khas Brimob warna biru tua. Ada pula yang mengenakan pakaian Densus 88 Anti Teror.

Masyarakat nampak sangat antusias menyambut kedatangan peserta napak tilas ini. Bahkan di Durenan disambut dengan musik rebana dan lantunan lagu-lagu Islami. Demikian pula di sepanjang jalan hingga alun-alun Trenggalek, ribuan pelajar sekolah berbaur dengan masyarakat berderet di tepi jalan membawa bendera merah putih kecil sebagai lambang nasionalisme.

Tiba di alun-alun, tepatnya depan pendopo Kabupaten Trenggalek, rombongan peserta napak tilas disambut langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si didampingi Forkopimda dan para tokoh masyarakat diiringi oleh tarian khas Trenggalek Rampak Barong.

Nampak hadir pula Dansat Brimob Polda Jatim Kombes Totok Lisdiarto, Wadansat Brimob AKBP Zuhdi Batubara, Kaden A Pelopor Sat Brimob AKBP Budhi Wardhima dan Kasiops Brimob Polda Jatim Kompol Dwi Wasito.

Dalam sambutannya, AKBP Donny menyatakan kebanggaannya kepada pasukan Brimob yang secara nyata telah berkontribusi dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Pun demikian di masa sekarang, peran Brimob dalam menjaga keutuhan NKRI tidak bisa dinisbihkan.

“Kita patut berbangga, Brimob sebagai pasukan elit Polri telah secara nyata menunjukkan semangat perjuangan dan nasionalisme tinggi dari zaman perang kemerdekaan hingga era milenial sekarang ini” ucap AKBP Donny.

Tak dapat dipungkiri, kemampuan Brimob dalam memberantas kejahatan berkadar ancaman tinggi seperti terorisme dan separatisme telah diakui dunia Internasional.

Masih kata AKBP Donny, napak tilas ini merupakan cara untuk mengenang proklamasi polisi istimewa sebagai Polisi Republik Indonesia oleh Inspektur Satu Mohammad Yasin pada tanggal 21 Agustus 1945 sekaligus memperingati Hari Jadi Korps Brimob Polri ke-72 yang jatuh tepat pada tanggal 14 november 2017.

“Seperti kata founding father Indonesia, Ir. Soekarno, Jasmerah jangan sekali-kali melupakan sejarah. Melalui napak tilas ini diharapkan menumbuhkan dan membangkitkan kembali semangat juang, patriotisme, esprit de corps (jiwa korsa) dan soliditas insan Bhayangkara Polri dalam menghadapi perkembangan serta dinamika masyarakat yang semakin berat dan kompleks” tegas AKBP Donny.

Acara selanjutnya adalah penyerahan bendera pataka Korp Brimob kepada Kapolres Trenggalek, Naskah Proklamasi Brimob kepada ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam dan Pataka Brimob yang gugur kepada Kasdim 0806 Trenggalek Mayor Inf Misirin.

Sementara itu, stan pameran Brimob yang berada di seputaran alun-alun diserbu masyarakat yang ingin tahu sejarah dan seluk-beluk pasukan elit Polri ini. Dalam stan tersebut dipamerkan berbagai macam senjata yang digunakan pasukan Brimob bertugas, seragam, peralatan PHH sampai penjinak bom. Dan yang paling ramai dikunjungi tentu saja kendaraan taktis Brimob. Ada Barracuda, mobil penjinak bom gegana, truk angkut hingga motor trail pemecah massa.

Pengunjung diperbolehkan untuk melihat isi dalam kendaraan menaikinya hingga berpose di depan setir kendaraan. Tak ayal, anak-anak dan orang dewasa bergantian antri untuk berfoto di depan kendaraan baja anti peluru ini.

Menurut rencana, pameran ini akan berlangsung hingga malam nanti dan sudah disiapkan berbagai macam hiburan bagi masyarakat. Pasukan Brimob peserta napak tilas akan bermalam di Trenggalek dan mengikuti upacara Hari Pahlawan di alun-alun untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Ponorogo.

Dirgahayu ke-72 Korp Brimob Polri.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nur
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password