Menjelang Hari Raya Kuningan, Personel Ops Sikat Agung Sambangi Pasar Kumbasari

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali , Menjelang Hari Raya Kuningan, puluhan personel Polda Bali yang tergabung dalam Satgas Tindak Ops Sikat Agung 2017 melaksanakan kegiatan patroli. Kegiatan ini merupakan bentuk upaya preventif Polri dalam mengantisipasi terjadinya tindak pidana Curat, Curas, Cusa dan Curanmor di seputaran wilayah Denpasar, Kamis (9/11/2017).

Usai mendapat arahan, seluruh personel bergerak menyisir sepanjang jalan mulai dari Jalan Kamboja, Melati, Hayam Wuruk, Hasanudin hingga Jalan Gajah Mada. Kemudian personel yang dipimpin Ipda Kiat Tri Wahyuningsih, S.Tr.K. ini, langsung patroli jalan kaki sambil berdialogis dengan menyasar tukang parkir, para pengunjung dan pedagang Pasar Kumbasari, Badung.

“Situasi pasar menjelang Hari Raya Kuningan sangat ramai dikunjungi warga, bahkan berdesak-desakan. Tentunya  situasi ini sangat beresiko terjadinya kasus pencurian seperti jambret, copet dan curanmor. ” ujar Ipda Kiat Tri Wahyuningsih, S.Tr.K. usai melaksanakan patroli.

Perwira remaja yang menjabat sebagai Danton Dalmas di Direktorat Sabhara Polda Bali ini meminta kepada tukang parkir untuk selalu waspada dan meningkatkan pengawasan, mengingat volume kendaraan sangat padat di area parkir. Sedangkan para pengunjung dan pedagang diminta lebih hati-hati membawa dompet, Hp, tas dan barang bawaan agar tidak menjadi korban kejahatan.

Kedatangan polisi berseragam dilengkapi senjata laras panjang mendapat perhatian dari sejumlah warga sekitar pasar. Berulang-ulang kali Ipda Kiat menyapa dan menjelaskan kepada warga tentang maksud dan tujuan kedatangannya.

“Kita datang bukan untuk menakut-nakuti. Justru kita datang untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga, saat belanja berbagai keperluan persiapan Hari Raya Kuningan,” imbuhnya.

Diharapkan kegiatan yang dimulai pukul 09.30 Wita ini, dapat memberikan efek deterrent. Artinya begitu melihat polisi, para pelaku akan mengurungkan niatnya untuk menjalankan aksi kejahatan sehingga angka kriminalitas dapat ditekan.

Saat dikonfirmasi, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Bali Kombes Pol. Drs. Sang Made Mahendra Jaya selaku Kaopsda membenarkan jika personel Ops Sikat Agung melaksanakan patroli di area pasar menjelang Hari Raya Kuningan. Selain itu, personel juga melaksanakan patroli ke terminal Ubung, Denpasar menyampaikan pesan Kamtibmas kepada calon penumpang untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana pencurian.

“Selain mengedepankan penindakan atau penegakan hukum melalui pengungkapan kasus, Ops Sikat Agung juga didukung dengan kegiatan preventif berupa patroli,” ucap Kombes Pol. Drs. Sang Made Mahendra Jaya.

Penulis : Bina Wartawan

Editor    : Swanjaya

Publish : Ngakan Candra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password