Kapolda Sulsel Secara Resmi Membuka Pelatihan Tindak Pidana Siber di Hotel Dalton

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Masyarakat Indonesia saat ini terbentuk menjadi warga digital ditengah pesatnya perkembangan teknologi informasiDi era digital ini, masyarakat sangat terbantu dengan pesatnya perkembangan teknologi.

Namun juga di sisi lain, ada dampak negatif yang terjadi. Masyarakat juga harus berhati-hati dengan jenis kejahatan baru yang timbul akibat perkembangan teknologi. Masyarakat juga perlu memahami aspek hukum siber di Indonesia.

Untuk memberikan pemahaman lengkap kepada masyarakat terutama aparatnya mengenai tindak pidana siber di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel menggelar pelatihan tindak pidana Siber di Hotel Dalton, Jl. Perintis Kemerdekaan, Makassar, Kamis (09/11/17) pagi.

Pelatihan kali ini mengusung tema “Pelatihan Strategi Penanganan Tindak Pidana Dibidang Siber Dalam Rangka Pemilukada Serentak di Jajaran Polda Sulsel TA. 2017,” yang akan digelar selama dua hari tanggal 9-10 November 2017.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono yang membuka pelatihan ini mengungkapkan bahwa perkembangan teknologi saat ini tidak dapat dipungkiri sangat pesat, sehingga membawa dampak positif maupun dampak negatif.

“Perkembangan teknologi saat ini tidak dapat dipungkiri, kejahatan yang ada dahulu berbeda dengan saat sekarang ini, semua serba cepat tanpa batas, dari itulah kita melakukan pelatihan ini untuk lebih memahami teknologi,” ucap Kapolda.

Jenderal bintang dua ini pun mengucapkan terima kasih kepada Dirreskrimsus Kombes Pol Yudhiawan yang telah menggelar pelatihan ini dan kepada kepada tim Siber Mabes Polri yang menyempatkan hadir untuk memberikan materi pelatihan untuk meningkatkan kemampuan personel Polda Sulsel beserta Polres jajaran dalam bidang siber.

Lebih lanjut Kapolda Sulsel berharap kepada semua peserta pelatihan agar betul-betul serius mengikuti rangkaian materi pelatihan, “Simak betul dan diskusikan serta praktekkan semua ilmu yang didapat, mudah-mudahan pelatihan yang berlangsung hanya dua hari ini cukup, jika belum maka bisa langsung berkomunikasi dengan tim nantinya,” pungkasnya.

Saat ini banyak pihak yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan perkembangan teknologi, Kapolda memberi contoh tentang video kerusuhan kampus Unismuh yang kembali di upload untuk membuat resah masyarakat menandakan ada pihak yang ingin merusak kondusifitas yang ada di Sulsel.

Pelatihan ini juga diharapkan dapat menambah pengetahuan kepada penyidik polri dalam perkembangan kejahatan siber. Terakhir tim Siber Mabes Polri Kombes Pol Irwan membawakan sambutan dari Direktur Siber Mabes Polri.

Turut hadir dalam acara ini Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Mas Guntur Laupe, Irwasda Kombes Pol Lukas dan para pejabat utama Polda Sulsel.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password