Kapolda Sulbar Pimpin, Rakor Penghapusan Merkuri

tribratanews.polri.go.id – polda sulbar, Kepolisian Daearah Sulawesi Sulbar (Polda Sulbar) menggelar Rapat Koordinasi tentang penghapusan Merkuri bersama Instansi terkait. Rabu (8/11/17). di ruang Vicon Jl. Ahmad Kirang Mamuju.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si didampingi Karoops Polda Sulbar serta dihadiri oleh para pejabat utama dan Kepada Dinas terkait.

Kapolda Sulbar pada sambutannya menyebutkan Merkuri merupakan zat kimia bersifat neurotoxin (meracuni system syaraf) yang berdampak pada keguguran, kanker kulit, kerusakan syaraf, sayi cacat saat lahir, menyebabkan liver, gagal ginjal, gagal fungsi otak, memperlambat perkembangan janin dan kemandulan.

Hal inilah yang menjadi faktor utama kenapa Merkuri harus dihapuskan di Indonesia khusus di wilayah hukum Polda Sulbar meski penambangan emas masih dalam sakala kecil di sulbar. Tutur Kapolda

Adapun hasil yang dicapai dalam rakor tersebut yaitu Langkah-langkah dan cara bertindak satgas cegah dan satgas tindak, terkait dimungkinkan adanya pengelolaan bahan berbahaya dan beracun diwilayah hukum Polda Sulbar.

Selain itu, agar lebih efektif juga dilakukan sosialisasi penghapusan penambangan usaha pertambangan yang ilegal yang menjadi tugas satgas cegah bersama instansi terkait dan pemda.

Untuk langkah terakhir, akan dilakukan penindakan hukum bagi penambang illegal yang masih beroperasi.

Penulis : Wirad

editor    :alfian

publish : triyono abidin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password