Operasi Zebra di Manado, Polisi Maksimalkan Road Bloker

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Memasuki minggu kedua pelaksanaan Operasi Zebra Samrat 2017, Polda Sulut dan jajaran terus mengintensifkan razia Kepolisian khususnya di bidang lalulintas. Salah satunya dengan menggunakan alat yang bernama Road Bloker saat menggelar Operasi.

Seperti dijelaskan Wadir Lantas Polda Sulut AKBP Deden, road bloker ini merupakan salah satu alat pendukung operasi zebra, yang berfungsi untuk menghentikan kendaraan yang akan melarikan diri ketika sudah diperingatkan harus berhenti.

Dimana, di alat tersebut telah terpasang paku jebakan, sehingga pada saat kendaran yang lari dan menindih alat itu, roda bannya akan pelan-pelan kempis sehingga oknum pengemudi tadi terpaksa harus menghentikan kendaraannya.

polda - simulasi road bloker

“Ada 2 kemungkinan oknum pengemudi melarikan diri, pertama orang tersebut tidak memiliki surat-surat kendaraan lengkap dan kedua yang bersangkutan adalah pelaku kejahatan, mungkin membawa narkoba, sajam dan barang berbahaya lainya, bisa juga kendaraan curian,” bebernya, didampingi Kasubdit Regident Dit Lantas Polda Sulut AKBP Prasetyo usai simulasi alat road bloker di halaman depan Mapolda Sulut, Rabu (8/11/2017) pagi.

Oleh karena itu pihaknya melakukan antisipasi dengan menggunakan alat road bloker tersebut.

Ditegaskan Wadir Lantas, operasi ini merupakan bagian dari cipta kondisi penegakkan kedisiplinan bagi warga di jalan raya, menjelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

“Berawal dari ketidakdisiplinan itu merupakan cikal bakal terjadi kemacetan dan kecelakaan lalulintas, ini yang kita hindari,” tegasnya.

Beliau juga berharap kepada warga, jangan karena hanya ada ops zebra ini masyarakat menjadi disiplin dan melengkapi surat-surat kendaraan bermotor. Namun meski tidak ada operasi, masyarakat bisa seterusnya disiplin dalam berlalulintas, sehingga bisa menciptkan situasi dan kondisi kamseltibcarlantas.

Penulis: Supri
Editor: Alfian
Publish: Supri

Save

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password