OTT,Tipikor Polrestabes Surabaya Amankan Tersangka Imigrasi Kelas I Surabaya

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim, Unit Tipikor Polrestabes Surabaya berhasil amankan dua tersangka kasus Operasi tangkap tangan. AKBP Leonard Sinambela Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya mengatakan, dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya, Kamis 2 November 2017 lalu, Tim Saber Pungli Polrestabes Surabaya mengamankan uang Rp14.800.000 dari tangan tersangka JPG (34) warga Jakarta Barat yang berdinas di Imigrasi Tanjung Perak.

“Hasil OTT ditemukan uang Rp500 ribu dan lima dokumen pengurusan paspor. Ditemukan di ruangan kerja Kasubsi berinisial JPG. Di tempat tersebut juga ditemukan uang dalam tas yang bersangkutan sebesar Rp14. 300.000. jadi total uang yang kami sita Rp14.800.000,” jelasnya, Senin (6/11/2017).

Uang tersebut merupakan uang suap atau tanda terima kasih dari AW seorang tersangka dari Biro Jasa yang diberikan kepada JPG agar dipercepat penerbitan paspor. Dalam kasus ini, JPG telah menerima uang tambahan di luar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),” tambah Leo.

“Kalau bayar normal sudah ada ketentuan dan prosedurnya, bahkan sudah ada tanda bukti pembayaran. Tapi, untuk uang Rp100 ribu per dokumen ini untuk suap agar lebih cepat,” katanya.

Sat Reskrim masih mendalami peran tersangka JPG bagaimana sampai mengumpulkan uang sebanyak itu. Sementara, untuk AW memang mengepul para pemohon yang mengurus paspor melalui Biro Jasa.

“Tentang pungli ini sudah berapa lama masih didalami. Yang jelas dia bertugas di tempat tersebut belum sampai satu tahun,” tandasnya.

Saat ini dua tersangka tengah menjalani penahanan untuk melengkapi pemberkasan. Mereka disangkakan dengan Pasal 5 atau 11 UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan UU No. 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi. 

Penulis  : Ice / Polrestabes Surabaya

Editor    : Alfian Nur

Publish  : Ice

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password