Gelar Pengajian Akbar, Kapolres Banjarnegara : Mari Jaga Dan Pegang Teguh 4 Pilar Kebangsaan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banjarnegara – Kepolisian Resor Banjarnegara yang dipimpin oleh Kapolres Banjarnegara, AKBP Nona Pricillia Ohei, SH, SIK, MH menggelar pengajian akbar dalam rangka memperingati hari pahlawan guna mempererat ukhuwah Islamiyah, persatuan dan kesatuan bangsa serta cinta tanah air di halaman depan Polres Banjarnegara, Minggu (5/10/2017) malam.

Dengan mengundang Maulana Al Habib Luthfi Bin Ali Bin Hasyim Bin Yahya dari Pekalongan dan KH. R. Syarif Rahmat, RA dari Jakarta, kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabidkum Polda Jateng, Kombes Pol. Drs. Slamet Suroso, SH. Dir Tahti Polda Jateng, AKBP Eko Sumardiyanto, SH, Forkompinda Banjarnegara, Kadis Ops Lanud Jend. Besar Soedirman Purbalingga, Mayor (Tek) Naharudin, Anggota DPR RI, Ir. H. KRT. Darori Wonodipuro, MM., anggota Polri, TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat, pengasuh pondok pesantren, habaib, forkompinca serta jamaah pengajian akbar.

WhatsApp Image 2017-11-05 at 22.19.37

Dalam sambutannya, Kapolres Banjarnegara menyampaikan kepada sekitar 10.000 jamaah pengajian dalam kegiatan ini agar bersama-sama menghormati keberagaman yang ada di Indonesia khususnya di Banjarnegara.

“Indonesia kaya akan keberagaman. Mulai dari adat, budaya, agama, suku, bangsa hingga bahasa. Namun dengan perbedaan tersebut kita tetaplah satu, yaitu Indonesia. Mari kita sebagai rakyat Indonesia khususnya masyarakat Banjarnegara untuk menjaga keberagaman yang ada dengan saling menghormati dan bertoleransi. Jangan mudah terprovokasi dan tersulut emosi,” ucap Kapolres Banjarnegara.

Tidak hanya itu, Kapolres Banjarnegara juga menjelaskan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menjaga empat pilar kebangsaan. Empat pilar tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Mari kita menjaga dan memegang teguh empat pilar kebangsaan dan taat kepada kewajiban sebagai umat beragama serta menjadi bangsa yang cerdas dalam menjaga persatuan dan kesatuan di NKRI,” jelas Kapolres.

Dengan pengajian akbar ini, Kapolres Banjarnegara mengajak kepada masyarakat untuk semakin mempererat Ukhuwah Islamiyah dan rasa persaudaraan kepada sesama manusia.

WhatsApp Image 2017-11-06 at 14.54.54

Disisi lain, H. Faisol Hasanudin, Pengasuh Pondok Pesantren Tanbighul Ghofilin menyampaikan bahwa ini merupakan ide cemerlang dari Polres Banjarnegara dalam menyelenggarakan pengajian akbar bersama seluruh elemen masyarakat.

“Saya berharap acara semacam ini bisa dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya. Karena dari seluruh elemen sangat mendukung. Kita tunjukkan bahwasanya kita bersatu, kita itu satu, kita adalah saudara dan cinta tanah air, cinta persatuan, cinta keamanan dan diharapkan Banjarnegara sesuai dalam Al Quran baldatun thayyibatun wa rabbun ghafûr (Negeri yang baik dengan Rabb Yang Maha Pengampun)” ucap H. Faisol.

Hal yang sama juga diungkapkan Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono atas apresiasinya kepada Polres Banjarnegara dengan terselenggaranya pengajian akbar ini untuk mempererat ukhuwah Islamiyah dan menjaga keutuhan NKRI dengan menangkal dan melawan paham radikalisme.

Penulis : Asri

Editor : Alfian

Publish : Asri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password