Cegah Aktivitas Penambangan Ilegal, Polda Kalsel Bentuk Satgas Daerah Penghapusan Merkuri

Tribratanews.polri.go.id- Aktifitas penambangan emas illegal menggunakan bahan kimia merkuri di Kalsel terus ditindak dan dipantau. Bahkan aktivitas penambangan ilegal seolah tak ada hentinya, hal ini ditandai masih banyak ditemukan kasus pertambangan emas ilegal dari tahun ke tahun. Bahkan aparat Polda Kalsel terus mendeteksi keberadaan para penambangan emas ilegal ini.

Terkait persoalan tersebut Polda Kalsel sudah menggelar rapat dan pembahasan secara khusus terkait pembentukan tim untuk zero mercuri. Dari rapat yang digelar Jumat (3/11) itu dibentuk Satgas Daerah Penghapusan Merkuri Polda Kalsel. Rapat dipimpin langusng Karo Ops Polda Kalsel selaku Kasatgasda, Direskrimsus POlda Kalsel, Dir Intelkam Polda Kalsel, dan diikuti Dinas ESDM Kalsel.

Kalsel cukup rawan penggunaan zero merkuri. Biasanya, merkuri digunakan tambang emas rakyat.  Merkuri digunakan untuk mengikat emas.  Ada beberapa efek terhadap kesehatan yang dihasilkan kimia merkuri.

Bagi ibu hamil akan melahirkan anak dengan IQ rendah. Menyebabkan gangguan syaraf, pencernaan, kekebalan tubuh, gunjal, paru-paru, iritasi kulit dan gangguan mata.

Untuk sektor tambang menyangkut merkuri masih ada daerah rawan di antaranya di Tanbu, Kotabaru, dan Kabupaten Banjar.

penulis  : Yudha

editor    : Alfian

publish : Hamsan

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password