Operasi Zebra 2017 Polresta Kediri : Ratusan Kena Tilang, Didominasi Pelangaran Marka Jalan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim,  Ratusan pengendara roda dua dan roda empat terjaring operasi zebra, kemarin (2/11). Sebagian besar karena pelanggaran rambu-rambu marka.

Total terdapat 190 pengendara yang terjaring operasi. Dari jumlah itu, yang melanggar marka sebanyak 75 pengendara. Lainnya disebabkan karena surat kelengkapan berkendara yang tidak lengkap, tidak menggunakan helm dan jenis pelanggaran lain (selengkapnya lihat tabel).

Kasatlantas Polresta Kediri AKP Amirul Hakim mengatakan operasi tersebut merupakan upaya petugas menciptakan situasi lalu lintas yang lancar. “Ya untuk meminimalisir segala bentuk pelanggaran lalu lintas juga angka kecelakaan,” terang Amirul.

Ia mengatakan, operasi zebra ini akan dilaksanakan selama dua minggu. Dimulai dengan apel pasukan yang diadakan Rabu (1/11) lalu, kemudian dilakukan operasi di titik-titik rawan pelanggaran mulai kemarin hingga dua minggu kemudian. Tepatnya hingga Selasa (14/11) depan.

Sasaran dari operasi ini adalah pengemudi kendaraan yang melanggar rambu lalu lintas dan marka jalan. Pengendara yang berhenti sembarangan, menerobos arus maupun lampu lalu lintas, menggunakan strobo dan sirine yang tak sesuai aturan.

Tak hanya itu, petugas juga akan menilang kendaraan bak terbuka yang mengangkut orang. Kelengkapan surat-surat berkendara juga akan dicek.

“Kami akan lakukan operasi di beberapa titik rawan pelanggaran, kecelakaan, dan kemacetan,” tambahnya.

Beberapa titik tersebut di antaranya Jalan KDP Slamet, dan Jalan Achmad Yani, Kota Kediri. Kemudian Jalan KH Agus Salim, hingga Perempatan Mrican.

Tak hanya itu, petugas juga akan melakukan operasi di halte tempat naik turunnya penumpang transportasi umum, serta jalan dan kawasan-kawasan tertentu  yang diberlakukan kebijakan khusus berlalu lintas.

Kemarin, operasi dimulai di Jalan Diponegoro yang berlangsung sejak pukul 06.00 WIB hingga 08.00 WIB. Sebanyak 175 kendaraan roda dua dan 15 roda empat dikenai sanksi tilang. Pelanggaran paling banyak selain melanggar marka adalah tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Kemudian pelanggaran karena tidak memakai helm sebanyak 50 pelanggar. Juga pelanggaran dalam bentuk memasang lampu strobo dalam kendaraannya, yakni sebanyak lima pelanggar. “Semua pelanggaran ini kami tindak dengan e-tilang karena kami sudah menggunakan aplikasi tersebut,” pungkas Amirul.

Tilang Operasi Zebra Hari Pertama

Bentuk Pelanggaran                                    Jumlah

Tidak Pakai Helm                                         50

Tidak Memiliki SIM                                     60

Memasang Lampu Strobo                              5

Melanggar Marka Jalan                                75

———————————————————-

Total                                                           190

Penulis      : Didik

Editor         : ALFIAN NURNAS

Publish      : Didik

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password