Polresta Kediri dan PCNU Jalan Sehat Bareng Sarungan Ala Santri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim,  Sarung, sebagai tradisi kaum santri kini semakin populer, pasca  Presiden Jokowi menetapkan Hari Santri Nasional pada 2015 lalu. Selain sebagai syiar, Polresta Kediri bersama PCNU Kota Kediri pun menggelar jalan bareng sarungan yang diikuti ribuan warga NU.

Tepatnya  Minggu pagi (5/11) alun-alun Kota Kediri yang berada di Jalan Panglima Sudirman dipadati ribuan warga NU. Kegiatan berkumpulnya warga NU ini dalam rangka puncak Hari Santri Nasional ini dimotori oleh PCNU Kota Kediri. Selain dihadiri oleh ribuan warga NU terutama laki-laki kegiatan ini juga dihadiri warga NU perempuan baik dari warga Fatayat, Muslimat dan IPPNU.

Pemberangkatan jalan santai bersarung ini dibuka langsung oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar dengan didampingi Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, S.IK, M.H, Ketua PCNU Kota Kediri KH Abu Bakar dan salah satu kiai kharisamatik Kota Kediri Gus Lik, Jamsaren.

“Sangat bagus sekali karena ini mengajak masyarakat untuk mempertahankan tradisi menggunakan sarung. Apalagi Kota Kediri juga dikenal dengan Kota santri,” kata Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, S.IK.M.H, usai memberangkatkan kegiatan jalan bareng bersarung ini.

Sampai hari ini, lanjut pria 37 tahun tersebut, di Kota Kediri masih banyak masyarakat yang menggunakan sarung. Terbukti dengan besarnya antusias masyarakat untuk mengikuti jalan sehat yang lain dari biasanya.

Selain itu Kapolresta Kediri  berharap kegiatan jalan santai sarungan ini menjadi salah satu kegiatan yang membudayakan memakai sarung sebagai syiar Islam.

Dalam jalan santai ribuan peserta melewati rute sejauh kurang lebih 4 kilometer. Peserta mengambil rute mulai dari Alun-alun Kota Kediri  – Jl.Pattimura – Jl. Kilisuci – Jl. Brigjend Katamso  dan finish di Alun-alun Kota Kediri.

Selain warga NU, kegiatan jalan santai ini juga diikuti santri pondok pesantren dan juga  siswa madrasah.

.

Penulis      : Didik

Editor         : ALFIAN NURNAS

Publish      : Didik

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password