Dampak Ops Zebra, Pembuatan SIM Kendaraan Bermotor Membludak

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Operasi Zebra Tinombala 2017 yang digelar oleh jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) berdampak pada meningkatnya warga yang bermohon pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di wilayahnya, tidak terkecuali di Kota Palu.

“Sudah tiga hari ini membludak orang yang mau bikin SIM,” kata Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Palu, Ipda Sukarna di ruang kerjanya, Sabtu (4/11/2017).

Menurutnya, tingginya permintaan warga untuk bermohon SIM lantaran saat pelaksanaan razia masih marak ditemukan pengendara, baik sepeda motor maupun mobil yang tidak memiliki SIM.

Akibatnya, petugas terpaksa menindak tegas para pelanggarnya dengan memberikan bukti pelanggaran atau tilang sebagai bentuk adanya efek jera dari Operasi Zebra tersebut.

Meningkatnya permohonan pembuatan SIM ini sebagai bentuk kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas.

Rata-rata para pemohon SIM itu bermohon SIM baru, baik itu SIM C maupun SIM A, disamping ada pula yang bermohon SIM perpanjangan setelah masa berlakunya berakhir.

Operasi Zebra sudah berlangsung sejak 1 November secara nasional dan akan berakhir pada 14 November 2017 mendatang.

Selama empat hari, tercatat sudah ribuan pengendara sepeda motor dan mobil di wilayah itu, khususnya di Kota Palu yang ditilang petugas akibat tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan serta melanggar rambu-rambu lalu lintas di jalan raya.

Penulis      : Tim
Editor        : Alfian Nurnas
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password