Di Timika, Tim Gabungan Lakukan Oprasi Simpatik Satwa Dilindungi

Tribratanews.polri.go.id – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II  Timika menyelamatkan 25 ekor burung yang masuk kategori satwa dilindungi, yang tersebar di berbagai wilayah daerah ini.

Puluhan satwa burung dari berbagai spesies itu telah diserahkan ke BKSDA untuk direhabilitasi dan kemudian dilepas ke habitat asalnya. Jumat, 03 / 11 / 2017 / Siang.

Tim gabungan ini terdiri dari Kepolisian Res Mimika,TNI, Dinas Kehutanan, Karantina, Komunitas Pecinta Satwa dan Inviromental.

Bambang akui selaku  kepala seksi Konvervasi wilayah II Timika menyampaikan terima kasih kepada timnya, yang mana telah sama – sama melaksanakan tugas ini.

Untuk masalah barang bukti berupa sovener yang ada akan di amankan di kantor BKSDA Kab.Mimika, sedangkan barang bukti berupa burung atau sejenisnya akan di laporkan pada pimpinan yang lebih tinggi untuk meminta petunjuk lebih lanjut, namun yang pasti akan di lepaskan ke hutan atau habitatnya, “ Ujar Bambang.

Bambang juga mengimbau masyarakat untuk tidak menangkap atau memperdagangkan satwa dilindungi, mengingat sejumlah satwa saat ini telah langka.

Adapun barang bukti hewan yang  di amankan yaitu Burung Nuri kepala Hitam  15 ekor, Burung Kakak Tua  6 ekor, Kangguru 1 ekor, Burung Mambruk  1 ekor, Moncong Babi 1 ekor, Bayan 1 ekor dan Perkici  1 ekor.

 Untuk barang bukti Souvenir yang diamankan dari 5 tempat penjualan Souvenir antara lain Ikat Kepala 19 Ikat Kepala, Tulang Kasuari 1 Buah, Telur Kasuri  1 Butir, .Ikat Lengan  7  Ikat dan Cendrawasih yang sudah di formalin  4 ekor.

Penulis : Sukria Admaja

Editor : Alfian Nur

Publish : Frengky

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password