Anak Buah Kapal Tewas Saat Bawa Tali 20 Meter

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Anak Buah Kapal (ABK) KM 01 Asialing 2058, RP (22) warga Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, menjadi korban kecelakaan kerja di Jetti Lokspor (dermaga bongkar muat) milik PT Erna Djuliawati Desa Sui Muntik Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, Jumat (03/11/2017).

Kapolsek Kapuas, Iptu Sri Mulyono mengatakan, peristiwa tersebut bermula ketika KM 1 Asialing 2058 jenis ponton membawa loging milik PT Erna Djuliawati yang ditarik KM 01 Asia Ling dari Pangkalan Bun Provinsi Kalimantan Tengah.

Tiba di depan dermaga bongkar muat sekitar pukul 07.30 WIB korban melakukan tambat tali dengan cara berenang ke tepi dermaga dari Ponton Log dengan berjarak kurang lebih 20 meter dari Ponton ke dermaga.

Saat berenang, korban membawa tali plastik berukuran 20 meter untuk menyambung ke tali tambang tambat berjarak kurang lebih empat meter dari daratan.

Namun korban tidak mampu dan kehabisan tenaga. Kemudian korban minta tolong, kepada rekannya bernama Acan namun tidak berhasil.

Selanjutnya pihak perusahaan beserta Crew Kapal menghubungi Polsek Kapuas dan masyarakat Dusun Kayu Tunu sebanyak 15 orang untuk melakukan penyelaman. Sekitar pukul 09.25 Wib, korban berhasil ditemukan para penyelam, berjarak 15 meter dari TKP tenggelam.

Selanjutnya korban di bawa ke teras Masjid PT Erna Djuliawati untuk dilakukan pengecekan oleh Dokter dr. Mahale. Saat itu dokter menyatakan korban sudah meninggal dunia. Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Mth Djaman Sanggau untuk visum.

“Tadi dari Anggota Polsek Kapuas langsung ke TKP, termasuk yang efakuasi korban dan dibawa ke RSUD Mth Djaman Sanggau untuk penggurusan surat-surat membawa korban ke jawa dan visum,” pungkas Iptu Sri Mulyono.

Penulis : Denny Ardiyanto / Reno Wisnu Pradana
Editor : Alfian Nurnas / Nanang. P
Publish : Bunga Asri P

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password