Kasus Tipiring Penjualan Bebas Miras Tanpa Ijin di Talaud, Disidangkan

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Satuan Narkoba Polres Talaud melakukan sidang tindak pidana ringan (tipiring) dalam kasus penjualan bebas minuman keras (miras) di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, Kamis (2/11/2017).

Sidang yang dipimpin oleh Hakim Muhamad Hidayatullah, SH dari Pengadilan Negeri Tahuna di Melonguane ini, menghadirkan tiga terdakwa yakni lelaki FY alias Ferdi dengan barang bukti 100 liter captikus, lelaki YM alias Yoh dengan barang bukti 50 liter captikus dan lelaki BM alias Boy dengan barang bukti 129 liter captikus.

Hakim juga menjatuhkan vonis bersalah kepada terdakwa lantaran mengedarkan minuman beralkohol jenis captikus tanpa dilengkapi surat izin usaha persagangan miras beralkohol (SIUP MB).

Sidang Tipiring dilaksanakan di ruang sidang Pengadilan Negeri Tahuna di Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud.

Tiga orang terdakwa masing-masing dijatuhkan vonis, mulai dari vonis pidana kurungan 1 bulan maupun subsider pidana tidak perlu dijalankan oleh para terdakwa kecuali dikemudian hari dengan putusan hakim diperintahkan lain karena sebelum habis masa percobaan 3 bulan terdakwa telah melakukan tindak pidana serta babuk dimusnahkan.

“Kami jatuhkan vonis pidana 1 bulan ke masing-masing terdakwa serta membayar biaya perkara sebesar lima ribu rupiah,” ujar Ketua Hakim, di ruang sidang Pengadilan Negeri Tahuna di Melonguane.

Salah satu terdakwa penjual minuman keras mengaku kapok dan tak akan lagi berurusan dengan polisi apalagi mengulangi perbuatannya dalam menjual minuman keras.

“Kapok saya menjual minuman keras lagi, untungnya tidak seberapa namun sanksi hukumannya 1 bulan, saya juga tidak mau lagi berurusan dengan polisi,” bebernya.

Kapolres Talaud AKBP M Denny I Situmorang, SIK melalui Kasat Narkoba Iptu Rolly B Mahole menegaskan akan terus memberantas masalah miras di wilayah hukumnya. ”Dengan adanya putusan sidang tipiring ini, mudah-mudahan akan menimbulkan efek jera bagi para pelaku yang mengedarkan minuman beralkohol tanpa dilengkapi dengan surat ijin yang lengkap,” tandasnya.

Penulis: Humas Polres Talaud
Editor: Alfian
Publish: Supri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password