Bhabinkamtibmas Tandurusa Hadiri Fasilitasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana yang Digelar BPBD Kota Bitung

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung menggelar kegiatan Fasilitasi Pembentukan Desa Tangguh Bencana Kota Bitung Tahun 2017, yang dilaksanakan di Kelurahan Tandurusa, Jumat (3/11/2017).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Bitung Vivi Kadeke, SE didampingi Fasilitator BPBD Adrian Tumengkol. ST, Kepala Seksi Sosialisasi dan Pembentukan Desa Tangguh Bencana Syultje Warouw, SE.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Lurah Tandurusa John Patrick Suharto, ST, Bhabinkamtibmas Tandurusa Aipda Tommy O.E. Toar, Kepala Lingkungan, Ketua RT serta pala RT dan warga.

Dijelaskan Kabid Pencegahan, Desa/Kelurahan Tangguh Bencana adalah desa/kelurahan yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana.

“Desa/Kelurahan ini juga mampu memulihkan diri dengan segera dari dampak-dampak bencana. Desa disebut mempunyai ketanguhan terhadap bencana ketika desa tersebut memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisasikan sumber daya masyarakatnya untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana,” katanya.

Lanjutnya, ketangguhan menghadapi bencana ini diwujudkan dalam perencanaan pembangunan yang mengandung upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan risiko bencana dan peningkatan kapasitas untuk pemulihan pasca keadaan darurat.

Pengembangan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana merupakan salah satu upaya pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat dengan meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan, yang direncanakan dan dilaksanakan oleh masyarakat sebagai pelaku utama.

Masyarakat di dalam desa tangguh bencana aktif terlibat dalam mengkaji, menganalisis, menangani, memantau, mengevaluasi dan mengurangi risiko-risiko bencana yang ada di wilayah mereka dengan memanfaatkan sumber daya lokal.

Beliau menegaskan bahwa Desa/Kelurahan Tangguh Bencana merupakan salah satu perwujudan dari tanggung jawab Pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana.

“Tujuan pengembangan Desa/Kelurahan Tangguh bencana adalah untuk melindungi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bahaya dari dampak-dampak merugikan bencana, meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dalam rangka mengurangi risiko bencana, meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dan pemeliharaan kearifan lokal bagi pengurangan risiko bencana, meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan dukungan sumber daya dan teknis bagi pengurangan risiko bencana, meningkatkan kerjasama antara para pemangku kepentingan dalam PRB, pihak pemerintah daerah, sektor swasta, perguruan tinggi, LSM, organisasi masyarakat dan kelompok-kelompok lainnya yang peduli,” tandasnya.

Penulis: Humas Polres Bitung
Editor: Alfian
Publish: Supri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password