Sambang Nusa di Pulau Bala-balakang, Kapolda Sulbar bersama Gubernur di Sambut Hangat Warga Pulau Ambo

tribratanews.polri.go.id – polda sulbar, Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Barat Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si bersama Gubernur Sulbar H. Ali Baal Masdar beserta rombongan kembali melakukan Agenda Kunjungan bersama atau sambang Nusa.

Kali ini di Kunjungan tersebut menyasar Pulau Ambo, Kec. Bala-balakang Timur, Kab. Mamuju, Prov. Sulbar. Kamis (2/11/17), Kapolda dan Gubernur mengaku baru pertama kali menginjakka kaki dipula tersebut, ternyata pemandangannya sangat Indah. Tuturnya

Kapolda Sulbar dan Gubernur beserta rombongan saat tiba di pulau Ambo dengan menggunakan Kapal Siamasei milik Satpolairud Polda Sulbar disambut hangat dan meriah oleh Pemerintah setempat beserta warga yang diwarnai dengan pengalungan bunga sebagai sambutan selamat datang.

Hal tersebut mereka lakukan karena merasa senang dan merasa diperhatikan melalui kunjungan langsung Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Pihak Keamanan, harapannya dengan kunjungan tersebut dapat memberikan harapan angin segar yang dapat membuat masyarakat yang ada di Pulau Ambo Kec. Bala-balakang lebih sejahterah. Tutur Tokoh Masyarakat Setempat.

Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M. Si pada kesempatannya mengatakan muda-mudahan dengan kehadiran Polri di tengah-tengah  masyarkat pulau Ambo dapat memberikan nilai tambah dalam hal keamanan dan ketertiban yang lebih kondusif. Tuturnya

Lanjut dikatakan, Polda Sulbar baru-baru ini, Alhamdulillah mendapat bantuan kapal baru model c1 dari pemerintah pusat yang akan kami peruntukan untuk membantu masyarakat pulau ambo mulai dari patroli rutin, hingga sebagai alat transfortasi jika ingin ke kota.

Tidak hanya itu, Pada kesempatan ini Polri dan Pemerintah juga akan melaksanakan penandatanganan MOU terkait pendampingan dana desa demi mewujudkan desa yang mandiri.

“Kelangsungan hidup kita baik rejeki, kesehatan dan yang lain datangnya dari Allah Subuhanahu wataalah olehnya itu kita jangan pernah lupa beribadah dan terus berdoa”. Tutur Kapolda

Dalam Kegiatan Sambang nusa tersebut Kapolda bersama Gubernur beserta Rombongan memberikan bantuan kepada masyarakat pulau Ambo berupa Obat-obatan, makanan tambahan ibu hamil , perlengkapan Sholat, 50 KTP untuk masyarakat Pulau Ambo dan Life Jaket.

Tidak hanya itu, Kunjungan atau Sambang Nusa juga dirangkaikan dengan dialog bersama masyarakat Pulau Ambo untuk mengukur sejauh mana pelayanan Pemerintah dan Polri terhadap warga setempat.

Dari pertanyaan yang dilontarkan masyarakat Pulau Ambo, mereka meminta Pemerintah untuk memprioritaskan pembangunan tanggul abrasi pantai karena setiap tahun pula semakin mengekil karena terkikis ombak.

Selain itu, Masyarakat juga meminta Perlu adanya tambahan pembangkit listrik sekaligus melakukan koordinasi untuk segera adanya pembangunan tower jaringan telepon, Kesejahteraan tenaga pendidik yang ada di pulau untuk lebih mendapat perhatian serta pengadaan ambulance terapung dan yang terpenting Kepada pihak TNI dan Polri agar melakukan pelatihan terpusat kepada masyarakat untuk mewaspadai maraknya paham-paham radikal.

Terkait masalah Radikalisme, Kapolda Sulbar akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk membuat pelatihan dalam menangkal radikalisme di Kepulauan Ambo.

Adapun rombongan yang ikut serta melakukan sambang nusa di Pula Ambo Yaitu Para Pejabat Utama Polda Sulbar, Pimpinan Daerah Bhayangkari Polda Sulbar, Hj. Ruskati Ali Baal, M. Si (Anggota DPR RI/Komisi 8), Drs. H. Habsi Wahid, MM (Bupati Mamuju), Letkol Arh Muh. Imran, M. Si (Dandim.1418/Mamuju), AKBP Muh. Rifai Arvan, S.IK (Kapolres Mamuju), Dadal Angkara (Pimpinan Bank Indonesia), Drs. H. Khaeruddin Anas (Kepala Dinas Perhubungan Sulbar), Ir. H. Parman (Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar), Pilipus (Camat Balak-balakang), Forkopimda Pemda Prov. Sulbar dan Forkopimda Pemda Kab. Mamuju.

Penulis : Syamsul FTN

Editor : alfian

Publish : triyono abidin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password