Operasi Zebra Semeru 2017 Resmi Digelar Hari ini

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek, Operasi Kepolisian Zebra Semeru 2017 di wilayah hukum Polres Trenggalek resmi digelar mulai hari ini. Hal tersebut ditandai dengan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman Mapolres, diikuti oleh seluruh anggota Polres Trenggalek, perwakilan Kodim 0806 Trenggalek Unit PM, Dishub, dan Satpol PP, Rabu (01/11).

Bertindak selaku pimpinan apel adalah Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si, dan komandan apel Kanitdikyasa Satlantas Iptu Agustyo, S.H.

Dalam sambutan Kakorlantas Polri yang dibacakan oleh Kapolres Trenggalek menyatakan apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas yang sangat kompleks tidak bisa dengan berdiam diri, melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya, dalam hal ini  menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcarlantas.

“Perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi Kamseltibcarlantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas” ucap AKBP Donny.

Lebih lanjut AKBP Donny menegaskan, tujuan dari Operasi Zebra itu sendiri diantaranya adalah meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas serta terwujudnya situasi Kamseltibcarlantas  menjelang perayaan Natal tahun 2017 dan tahun baru 1 Januari 2018.

Dikonfirmasi terpisah, Kasatlantas AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K., menuturkan sesuai dengan sasaran operasi, upaya preemtif, preventif maupun represif kepolisian bidang lalulintas akan diprioritaskan pada kendaraan bermotor yang melawan arus, kecuali di jalan tol disesuaikan dengan pelanggaran di jalan tol, seperti naik-turun penumpang, melintas di bahu jalan, menggunakan rotator/lampu blitz/strobo serta plat nomor dan kendaraan tidak sesuai spektek.

Masih kata AKP Ricky, sasaran prioritas tersebut bukan berarti pelanggaran lainnya tidak ditindak. Pihaknya menegaskan bahwa semua bentuk pelanggaran akan tetap ditindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Operasi Zebra Semeru 2017 akan berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 1 sampai 14 Nopember 2017. Bagi pengendara, silakan lengkapi surat-surat kendaraan SIM maupun STNK, kendaraan juga harus sesuai spektek. Dan jangan lupa safety. Helm dan sabuk pengaman” jelas AKP Ricky.

Selain penyematan pita kepada perwakilan masing-masing instansi yang terlibat Operasi Zebra, diserahkan pula dua unit kendaraan roda dua trail kepada Satlantas oleh Kapolres Trenggalek kepada Kasatlantas yang akan digunakan sebagai kendaraan operasional Unit Patroli Satlantas dalam rangka mendukung suksesnya Operasi Zebra Semeru 2017.

Usai Upacara, dilanjutkan dengan Latpraops di Rupatama Polres Trenggalek guna menyamakan persepsi dan cara bertindak masing-masing Satgas agar Operasi Zebra Semeru 2017 dapat berjalan sesuai dengan arah dan tujuan operasi.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nur
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password