Kapolda Sulsel Sambut Baik Gowes Tour de Bira yang Berjarak 200 KM

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Komunitas Sepeda E2G dan CRBC Makassar sebagai panitia pelaksana Gowes Bareng “Tour de Bira” menemui Kapolda Sulsel di ruang kerja Kapolda Sulsel, Rabu (01/11/17).

Panitia menjelaskan rute yang ditempuh nantinya berjarak 200 KM, yang titik KM 0 dimulai di Pantai Losari menuju finish di Bira Same Resort. Lebih lanjut Ketua Panitia Bapak Ismail Tallu menjelaskan, nantinya Tour de Bira ini disiapkan 4 pit stop, yaitu KM 50 desa Bonto Manai Kab. Takalar, KM 90 di Passamaturukan Kab. Jeneponto, KM 130 di Pantai Seruni Bantaeng, KM 160 di Islamic Centre Datuk Ri Tiro Kota Bulukumba, dan akhirnya finish di Bira.

Lebih lanjut panitia menegaskan nantinya kecepatan diatur, secara bersama-sama dengan kecepatan 30 Km/jam.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Muktiono menyambut antusias rencana Tour de Bira ini, dan menyatakan kesanggupannya berpartisipasi di Kegiatan ini, beliau juga langsung memerintahkan Dir Polair, Karo Ops dan Dir Lantas segera berkoordinasi dengan Panitia pelaksana Tour de Bira.

Saat ini bersepeda bisa jadi merupakan olahraga yang tengah diminati oleh masyarakat, hampir setiap hari bisa melihat orang bersepeda. Sebenarnya apa saja manfaat dan efek samping bersepeda bagi kesehatan?

Untuk itu ketahui beberapa manfat dari bersepeda bagi kesehatan adalah :

  1. Sepeda membantu membentuk tubuh dan memberikan energi. Saat bersepeda gerakan yang dilakukan turut membentuk, menguatkan serta mengencangkan paha, otot betis dan daerah panggul. Selain itu lemak di daerah ini akan berkurang dan diganti oleh otot.
  2. Turut membantu mengurangi selulit di paha, serta mengurangi stres di daerah lutut dan pergelangan kaki dibanding dengan kegiatan lain seperti berjalan atau latihan aerobik.
  3. Sepeda membantu melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot seluruh tubuh.
  4. Bersepeda diyakini bisa meningkatkan perlindungan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti diabetes karena membantu menurunkan berat badan serta menghindari tekanan darah tinggi.
  5. Sepeda bisa membantu mengurangi kadar stres, hal ini karena umumnya orang melakukan sepeda sambil santai dan menghitup udara segar.
  6. Sepeda baik untuk kesehatan kardio (jantung), olahraga sepeda bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Penulis : Bara

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password