Polda Sulteng-Pemkot Palu MoU Suro Adat

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah melalui Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulteng, Kombes Pol Kif Aminanto bangun kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, terkait dengan pelatihan Desa Suro Adat Pemkot di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulteng.

Kerjasama itu dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Karo SDM Polda Sulteng sebagai perwakilan Polda Sulteng dan Wakil Walikota Palu, Bapak Sigit Purnomo Said sebagai perwakilan Pemkot Palu, diruang kerja Wawali Kota Palu, senin (30/10/2017).

Menurut Wawali Kota Palu, kerjasama itu dimaksud untuk meningkatkan kemampuan serta profesionalisme Suro adat Pemkot Palu yang akan menerima pelatihan dari pihak Polda Sulteng dan Dewan Adat Kota Palu di SPN Polda Sulteng, Desa Labuan Panimba, Kecamatan Labuan, Kabupaten Donggala.

“Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan mutu SDM Suro Adat Pemkot Palu. Disamping itu, kerjasama ini merupakan perwujudan Peraturan Daerah Kota Palu Nomor 9 tahun 2016 tentang Kelembagaan Adat,” jelas Wawali Kota Palu.

Wawali Kota Palu juga menambahkan materi pelatihan suro adat itu memuat tentang berbagai pengetahuan tentang berbagai pengetahuan tentang peningkatan mutu SDM berupa penguatan nilai-nilai kebangsaan. Wawali Kota Palu mengharapkan setelah mengikuti pelatihan di SPN, para Suro Adat dapat menjadi pengayom.

Sementara itu, Karo SDM Polda Sulteng menyatakan pelatihan Suro Adat juga akan diberikan materi terkait dengan tindakan pertama saat menemukan adanya pelanggaran ataupun kejahatan serta kecelakaan didaerah masing-masing.

“Sehingga, terciptanya sinergitas antara Polda Sulteng dan Pemkot Palu dalam hal ini para peserta yang mengikuti pelatihan itu,” ucap Karo SDM Polda Sulteng.

Penulis      : Tim
Editor        : Alfian Nurnas
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password