Wakapolda Sulteng : Indonesia Adalah Negeri Pelangi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Aksi kebangsaan perguruan tinggi melawan radikalisme Se Sulteng, dihadiri kurang lebih 30.000 mahasiswa dilapangan Universitas Tadulako (Untad), sabtu (28/10/2017) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolda Sulteng, Kombes Pol Drs Mohamad Aris Purnomo turut hadir dalam aksi kebangsaan itu, sekaligus memberikan orasi kebangsaan dihadapan ribuan mahasiswa, dosen dan pegawai dilingkungan Untad.

Dalam orasinya, Wakapolda Sulteng menggambarkan situasi kondisi Indonesia terkini, yang mana akhir-akhir ini diselimuti rasa kebencian dan permusuhan antar sesama. Padahal, pemuda sejak dulu memiliki persatuan dan kesatuan yang kuat dalam memperjuangkan dan menjaga bangsa ini.

“Pada tanggal 28 Oktober 1982, pahlawan bangsa ini sudah menyadari bahwa negeri kita adalah negeri pelangi, negeri yang berwarna warni. Dimana terdapat ragam etnis, budaya dan agama. Tetapi tetap bersaudara,” kata Wakapolda Sulteng.

Menurut Wakapolda Sulteng, negeri pelangi diartikan sebagai negeri yang memiliki beragam perbedaan antara sesama. Di Kota Palu, misalnya berbagai etnis berkumpul memajukan Kota Palu, khususnya Sulawesi Tengah. Tetapi, justru perbedaan ini membuat semua masyarakat bersatu dan saling menjaga satu sama lain.

“Kita harus sadar, kita Indonesia, kita Pancasila, Kita NKRI. Maka dari itu mari kita jaga negeri ini dari permusuhan dan rasa kebencian. Kita hanya satu, yaitu Indonesia,” tegas Wakapolda Sulteng.

Wakapolda Sulteng juga mengajak seluruh mahasiswa untuk melihat kembali apa yang sudah terjadi dinegara-negara lain. Misalnya, di Suriah dan Libya, yang hanya karena sekte dan faham akhirnya harus bermusuhan hingga menumpahkan darah. Padahal, persatuan dan kesatuan ini tidak dapat terbangun tanpa adanya perbedaan. Kondisi itusebagai peringatan bahwa di Indonesia dapat bersatu karena perbedaan.

Selain itu, Wakapolda Sulteng juga mengutarakan rasa bangga atas terselenggaranya aksi kebangsaan. Meskipun berbeda almamater, mahasiswa dapat berkumpul dan bercengkerama bersama-sama. Tentu ini membuktikan Sulteng adalah daerah aman, damai dan tenteram seperti negeri pelangi.

“Saya bangga dengan kalian, ada yang memakai almamater biru, kuning, abu-abu, hijau, merah dan hitam tapi tetap satu yakni Indonesia,” tutup Wakapolda Sulteng.

Penulis      : Tim
Editor        : Alfian Nurnas
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password