Satgas Tindak Ops Sikat Agung Polda Bali Tangkap Residivis Curanmor

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Personel Polda Bali yang tergabung dalam Satgas Tindak Ops Sikat Agung-2017 berhasil menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), Novi Kriansyah (25) di Jalan Ken Arok, Denpasar Utara, Senin (30/10/2017) sekitar pukul 14.30 Wita. Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Honda Beat warna putih DK 7141 OM.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Bali, Kombes Pol. Drs. Sang Made Mahendra Jaya selaku Kaopsda Sikat Agung mengatakan, penangkapan pelaku berawal dari adanya laporan warga yang bernama Titin (45), mengaku kehilangan sepeda motor di Banjar Tegal, Jimbaran, Kuta, Badung pada bulan November tahun lalu.

Saat itu, korban memarkir sepeda motor di halaman rumahnya dengan kondisi kunci masih nyantol dan ditinggal masuk ke kamar. Berselang dua setengah jam, korban keluar kamar dan mendapatkan sepeda motornya sudah hilang.

“Polisi terus melakukan penyelidikan, mengejar dan mencari keberadaan pelaku. Begitu mengetahui keberadaan pelaku di Jalan Ken Arok, polisi langsung menggerebek dan menangkapnya,” ungkap Kombes Pol. Drs. Sang Made Mahendra Jaya.

Pelaku yang berasal dari Bima, Sumbawa ini, menjalankan aksinya dengan memanfaatkan kunci nyantol. Aksi kejahatan serupa sudah dilakukan berulang-ulang kali oleh pelaku. Begitu melihat ada sepeda motor yang kuncinya masih nyantol, pelaku langsung membaca situasi di sekitarnya. Merasa sudah aman, pelaku langsung membawa kabur kendaraan tersebut.

“Pelaku adalah seorang residivis dengan kasus yang sama. Pelaku sangat pintar bersembunyi, sehingga kami butuh waktu yang cukup lama agar mengungkap kasus ini. Kita tidak mau kalah dengan penjahat. Kita terus kejar dan harus bisa menangkapnya,” tegas perwira melati tiga ini.

Dari data yang ada, jumlah kasus pencurian di Bali masih sangat tinggi. Padahal para pelaku sudah banyak yang ditangkap, namun kasus pencurian masih saja terus terjadi. “Untuk itu, kami menggelar Ops Sikat Agung-2017 untuk mencegah dan menekan angka kriminilitas terutama kasus curat, curas, cusa dan curanmor,” imbuhnya.

Belajar dari kasus ini, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Bali mengimbau masyarakat Bali agar lebih hati-hati saat memarkir kendaraan. Sebelum ditinggal, pastikan kendaraan sudah dalam kondisi terkunci dan kunci sudah dibawa.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Windyasa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password