Tekan Angka Kriminalitas,Polda Bali Patroli ke Kawasan Wisata dan Perbankan

Tribratanews.polri.g.id – Polda Bali, Personel Polda Bali yang terlibat dalam Operasi Sikat Agung-2017 melaksanakan Patroli ke wilayah Sanur. Kasatgasda II Tindak AKBP I Nyoman Carmadana, S.H. memimpin kegiatan preventif ini dengan menyisir sepanjang jalan mulai dari Jalan WR. Supratman, Waribang, Padanggalak, Bypass Ngurah Rai hingga wilayah Sanur. Polisi berpatroli jalan kaki di seputaran obyek wisata Pantai Matahari Terbit, Denpasar Selatan, Senin (30/10/2017).

Kaopsda Sikat Agung-2017, Kombes Pol. Drs. Sang Made Mahendra Jaya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menekan angka kriminalitas terutama tindak pidana curas, curat, cusa dan curanmor yang terjadi di kawasan obyek wisata. Diharapkan kehadiran anggota Polri berpakaian dinas yang dilengkapi senjata laras panjang ini, akan memberikan efek deterrent sehingga dapat mencegah terjadinya empat tindak pidana tersebut.

Menurutnya, kedatangan anggota Polri untuk menyampaikan pesan Kamtibmas kepada masyarakat. Polisi mengimbau masyarakat, agar turut serta menjaga keamanan dan ketertiban khususnya di obyek wisata Pantai Matahari Terbit. Selain itu, masyarakat juga diminta memperhatikan dan peka terhadap lingkungan sekitarnya. Jika menemukan orang mencurigakan atau mendapatkan orang yang akan melakukan perbuatan jahat agar segera menghubungi polisi atau Bhabinkamtibmas setempat.

Tidak hanya itu, petugas juga memberikan imbauan kepada wisatawan yang berkunjung agar tetap waspada terhadap barang bawaan maupun kendaraan saat terparkir. Polisi mengingatkan agar pada saat memarkir kendaraan roda empat maupun roda dua, pintu mobil maupun stang motor harus dalam keadaan terkunci. “Selain untuk keamanan, ini juga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti curas, curat, cusa, curanmor maupun tindak pidana lainnya,” terang Kombes Pol. Drs. Sang Made Mahendra Jaya.

Para pedagang yang mencari nafkah di Pantai Matahari Terbit juga tidak luput dari perhatian anggota yang sedang melaksanakan tugas. Hal ini dilakukan dengan memberikan arahan agar selalu waspada terhadap para pembeli, sehingga tidak terjadi pencurian baik hilangnya barang dagangan maupun hasil jualan.

Usai melaksanakan patroli, polisi menuju ke Polsek Denpasar Selatan dan berkoordinasi dengan anggota Polsek untuk mendapatkan informasi terkait tempat-tempat rawan yang sering terjadi tindak pidana. Informasi ini akan dijadikan bahan masukan untuk pelaksanaan tugas selanjutnya. Setelah mendapatkan informasi, personel melanjutkan kegiatan dengan mendatangi sejumlah bank yang ada di wilayah Sanur. Disini petugas mengingatkan para satpam untuk selalu siaga dan waspada saat bertugas, karena ancaman akan datang tanpa diketahui waktunya.

Hingga kegiatan berakhir, polisi tidak menemukan adanya tindak pidana terkait dengan curat, curas, cusa dan curanmor. Namun, Polda Bali akan tetap melaksanakan kegiatan-kegiatan kepolisian hingga tidak ada lagi kejahatan yang meresahkan masyarakat Bali.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password