Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 89 Tahun 2017 Polres Metro Jakarta Utara

Upacara Sumpah Pemuda 2017

Pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2017 pukul 07.00 WIB bertempat di Halaman Polres Metro Jakarta Utara Jln. Yos Sudarso No. 1 Kel. Rawa Badak Utara Kec. Koja Jakarta Utara, telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 Tanggal 28 Oktober 2017 bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Dwiyono S.Ik, M.Si  jumlah peserta Upacara sebanyak 286 personil gabungan Polres dan Polsek jajaran.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Dwiyono S.Ik, M.Si selaku Inspektur Upacara dalam sambutannya :

Assalammualaikum wr wb, yang saya hormati pak Waka, Pejabat Utama, para kapolsek, Komisaris, Perwira, Bintara dan PNS sekalian, Saya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah hadir mengikuti upacara di halaman Polres Metro Jakarta Utara, selanjutnya membacakan amanat Menpora peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 tahun 2017. dengan tema : Pemuda Indonesia Berani Bersatu


Para Pemuda Indonesia dan Hadirin sekalian yang kami hormati,

Delapan Puluh Sembilan tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya, daerah Kwitang Jakarta, mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia, sungguh sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalnaan sejaran bangsa Indonesia,  17 tahun kemudian melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945.
Sumpah pemuda dibacakan di arena kongres Pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah, jika kita membaca dokumen sejarah Kongres Pemuda ke-2, kita akan menemukan daftar panitia dan peserta kongres yang berasal dari pulau-pulau terjauh Indonesia, secara imaginatif sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah, dari belahan barat Indonesia, nama Mohammad Yamin. Seorang pemuda kelahiran Sawah Lunto Sumatera Barat yang mewakili organisasi pemuda Sumatera, Jong Sumatranen Bond, dari belahan Timur Indonesia, kita menemukan pemuda bernama Johannes Leimena, kelahiran kota Ambon Maluku, mewakili organisasi pemuda Jong Ambon. ada juga Katjasungkana dari Madura, ada juga Cornelis Lefran Senduk, mewakili Organisasi pemuda Sulawesi, Jong Celebes.

Hadirin para pemuda Indonesia yang saya banggakan.

Hari ini adalah hari kebangkitan anak muda Indonesia, dengan kemajuan teknologi, pemuda-pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya untuk kesejahteraan dan kebesaran Bangsa Indonesia, terutama di mata dunia.

Rasanya tidak cukup jika harus menuliskan semua nama pemuda Indonesia yang hari ini mengaharukan nama Indonesia di kancah Internasional, untuk mengingat kembali pesan Bung Karno bahwa dengan pemuda yang hebat, kita benar-benar bisa menaklukkan dunia, tugas kita semua untuk menjadikan Bonus Demografi ini memiliki makna bagi percepatan pembangunan di Indonesia.

Mari kita buktikan dalam sejarah Indoneisa, untuk kesekian kalinya pemuda Indoneisa menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia, untuk memastikan percepatan pembangunan ekonomi Indonesia menjadi negara maju sejajar dengan negara-negara besar lainnya, di depan mata kita ada MEA dan Perdagangan Bebas Asia dan Dunia. Saatnya pemuda Indonesia membangun visi yang besar menatap dunia.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password