Nelayan Pulau Obi di Bekuk Saat Hendak Bom Ikan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Meski sering disosialisasikan tentang penangkapan ikan yang ramah lingkungan, Kasus ilegal fishing masih terjadi di wilayah hukum Polres Halmahera Selatan. Hal ini dibuktikan dengan penangkapan seorang nelayan asal Kampung Obi latu Kec.Obi Barat Kab. Halmahera Selatan yang diduga melakukan pencarian ikan dengan bom ikan di perairan Kampung Obi latu, Sabtu (28/10/2017).

Pelaku yang berinisial LT (37) dan UD (32) diduga kerap melakukan aksi pengeboman ikan. Dari hasil penangkapan ditemukan sejumlah barang bukti berupa 1 Unit Longboat terbuat dari Viber, panjang 9,5 m dan lebar 1,20 m, 1 Unit Mesin 40 PK Merk Yamaha 1 buah, dan Ikan hasil pengeboman jenis Dolosi, sekitar 7 kg.

Penangkapan itu berawal ketika adanya laporan dari masyarakat bahwa adanya penggeboman ikan di Desa Alam Kenanga (Tanjung Rube). Setelah mendapatkan laporan tersebut , Unit Patroli langsung mengarah ke lokasi dan sampai di TKP, terlihat 1 unit Loang Boat sedang berada di perairan namun saat didekati, 2 orang yang berada diatas longboat mengarahkan long boatnya menuju pesisir dan kabur menuju hutan. Anggota sempat memberi tembakan peringatan agar pelaku tidak melarikan diri, namun tidak diindahkan dan menghilang ke dalam hutan, dan dilakukan pengejaran serta pencarian.

Unit Patroli Sat Polair terus mencari dan pada Minggu (29/10/2017) pelaku berhasil di temukan dan langsung di amankan beserta barang bukti tersebut guna di proses lebih lanjut

Penulis            : Wanto Tftt

Editor              : Alfian Nur

Publish            : Mandala Putra

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password