Polres Metro Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapan Menghadapi Kontijensi Bencana Aman Nusa II Krakatau 2017

Tribratanews.polri.go.id  Lampung / Polres Metro, Senin (30/10/17) Waka Polres Metro KOMPOL M. Reza C.A.S, S.Ik., S.H., M.H mewakili Kapolres Metro AKBP Umi Fadilah Astutik, S.Sos., S.Ik., M.Si memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Kesiapan Menghadapi Kontijensi Bencana Aman Nusa II Krakatau 2017.

Hadir dalam apel gelar pasukan yaitu pejabat utama, para perwira, seluruh personil Polres Metro dan Polsek jajaran, perwakilan Wali Kota Metro, perwakilan Ketua DPRD, perwalian Kodim 0411 LT, Dishub, perkumpulan FKPM, Damkar dan Sat Pol PP Kota Metro.

Terselenggaranya Apel Gelar Pasukan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana Polres Metro beserta unsur terkait sebelum diterjunkan ke lapangan dengan demikian diharapkan semua perencaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan optimal dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana alam di wilayah Kota Metro.

Picture2

Waka Polres Metro mengatakan “ Bencana alam yang paling berpotensi terjadi di wilayah Kota Metro adalah angin putting beliung, hal ini disebabkan karena secara geografis Kota Metro merupakan daratan yang datar dan dijadikan favorit untuk tempat tinggal (Pemukiman) masyarakat, sehingga lahan lautan yang menahan tiupan angin sangat minim”

Bencana tersebut dapat mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan kerugian harta benda dan dampak spikologis. Selain itu, bencana tersebut menimbulkan permasalahan yang lain seperti pemenuhan kebutuhan hidup bagi masyarakat pengungsi, kerawanan penyakit menular, serta keamanan harta benda yang ditinggalkan para pengungsi.

Penangan bencana sebagai satu fungsi merupakan tugas dan tanggung jawab pemerintah yang dilakukan secara menyeluruh dan terpadu dari “Sebelum” pada “Saat” dan “Setelah” terjadi bencana.

“Melalui apel kesiapsiagaan ini, Polres Metro beserta instansi lainnya diharapkan benar-benar mampu mempersiapkan diri secara maksimal dengan seluruh sumber daya yang dimiliki baik personil maupun sarana dan prasarana, untuk berperan secara aktif dalam rangka penanggulangan bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu” Ujar Waka Polres Metro.

Penulis                 : Hendra Z

Editor                    : Alfian Nur

Published            : Hendra Z

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password