Polisi Air Atur Kemacetan Dijalan Raya

 

Tribratanews.polri.go.id.Polda Kalbar,Pokres Sintang- Selain menjaga kamtibmas dan keselamatan pengguna transportasi diperairan (sungai) ternyata tidak berarti anggota Satuan Polisi Perairan (Satpol Air) tidak bisa mengatur lalu lintas di jalan raya, hal ini dilakukan seorang personil Sat Pol Air BRIPKA Gusti Heri manakala melihat adanya kemacetan di ruas jalan padat lalu lintas di Tugu Jam Jl. MT.Haryono Sintang. Sabtu (28/10/2017).pagi.

Kemacetan terjadi diakibatkan adanya satu unit mobil transportasi penumpang umum (oplet) jurusan sei durian -pasar inpres yang mogok di dekat jembatan Melawi Sintang, persisnya dekat lokasi simpang Tugu Jam.

Melihat kondisi jalan yang macet membuat Bripka Gusti Heri yang hendak berangkat kerja (piket) ke kesatuannya di Sat Pol Air Polres Sintang, terpaksa harus turun dari kendaraannya untuk mengatur arus lalin yang semrawut tersebut agar arus lalu lintas kembali lancar.

“Macet sekali, karena bertepatan dengan adanya upacara Hari Sumpah Pemuda,jadi jalanan sangat padat dan ramai,” terang Bripka Gusti Heri.

Tidak lama kemudian anggota dari Satuan Lalu Lintas Polres Sintang, datang membantu mengurai kemacetan dan bersama-sama mendorong oplet yang mogok ke bengkel terdekat sehingga arus lalu lintas kembali lancar.

Kapolres Sintang AKBP Sudarmin, SIK,MH melalui Paur Subbag Humas Polres Sintang IPTU Hariyanto mengatakan bahwa siapapun anggota Polri jika melihat adanya sesuatu peristiwa atau kejadian wajib untuk memberikan tindakan pertama ditempat kejadian, sesuai dengan tingkatan yang sudah diatur.

“Jika adanya kemacetan, ya…segera lakukan pengaturan dan cari simpul macet dimana dan lakukan penguraian, artinya semua anggota Polri boleh melakukan, bukan hanya anggota lalu lintas saja,” tuturnya.

Dirinya juga menghimbau kepada para pemilik angkot (oplet), agar memperhatikan kondisi kendaraannya berikut surat-menyurat kendaraan, jangan sampai karena kondisi oplet yang sudah tua dipaksakan untuk beroperasu dijalan, yang akhirnya membuat sesuatu yang beresiko bagi pengguna jalan lainnya.

Penulis : Har
Editor: Alfian.N/Nanang.P
Publish: Dhean

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password