Simulasi Kerusuhan di Pengadilan Negeri Putussibau

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar, Polres Kapuas Hulu – Polres Kapuas Hulu bekerja sama dengan Pengadilan Negeri Putussibau menggelar simulasi pengamanan, terkait tuntutan penegakan hukum yang dilaksanakan di pengadilan Negeri Putussibau, Jum’at (27/10/2017).

18AA34DE-6F07-4F9E-BD5F-7F96761BD395

Dalam simulasi tersebut, puluhan anggota Kepolisian dengan berpakaian lengkap langsung masuk di ruang sidang Pengadilan Negeri Putussibau untuk mengamankan situasi sidang yang sementara berlangsung. Begitu juga dengan anggota Polisi yang berpakaian preman langsung bersama dengan pegawai di Pengadilan Negeri juga bertindak sama dengan mengamankan proses sidang yang sementara berlangsung.

Simulasi demonstrasi, juga diperankan olah jajaran anggota Kepolisian Resor Kapuas Hulu dan dibantu oleh petugas pegawai Pengadilan Negeri Putussibau. Para pendemo penegakkan keadilan di Pengadilan Negeri Putussibau yang diperankan anggota Kepolisian dan Pegawai Pengadilan Negeri yang berpakaian biasa tersebut merangsek masuk dalam ruang sidang. Saat itu juga puluhan anggota Polisi berpakaian lengkap langsung mengamankan situasi.

4FD3250E-2220-426C-A8D4-385290EB9E6C

Kapolres Kapuas Hulu melalui Kasubbag Dal Ops AKP Yudi Sutrisno mengatakan bahwa Simulasi tersebut digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota pengamanan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak menutup kemungkinan akan terjadi protes atau tuntutan yang dijatuhkan terhadap terdakwa di pengadilan Negeri,” ujar AKP Yudi Sutrisno.

Selain itu AKP Yudi Sutrisno menambahkan bahwa simulasi ini persiapan dalam rangka menghadapi tahun 2018 yaitu tahun politik yang tidak menutup kemungkinan terjadinya sengketa pemilu sampai disidangkan di Pengadilan Negeri, tambahnya.

Sementara itu Ketua Pengadilan Negeri Putussibau Saputro Handoyo, SH, MH mengatakan, simulasi pengamanan ini bertujuan untuk lebih meningkatan layanan Pengadilan Negeri Putussibau dalam membangun kerjasama dan sinergitas dengan Kepolisian.

ABC4F551-6B5C-46B5-B46C-DC277592CA28

“Pelaksanaan kegiatan itu karena ada program dari pusat yaitu simulasi huru-hara. Apalagi tahun depan menghadapi momen politik, pilpres, pilkada hingga pemilihan DPRD. Dalam proses pemilu nanti bisa saja terdapat juga perkara tertentu yang punya kerawanan tinggi. “Jadi kami adakan antisipasi terjadinya chaos, saat sidang atau pelaksanakan tugas kami,” ujar Ketua Pengadilan Negeri Putussibau.

“Kami harapkan dari simulasi yang sudah diadakan tadi dari internal kami di Pengadilan Negeri Putussibau bisa melakukan upaya preventif (pencegahan) ketika ada kejadian, sementara sambil menunggu pihak keamanan,” tutur Ketua Pengadilan Negeri Putussibau, tutur Saputro Handoyo, SH, MH.

Penulis : Jaspian
Editor : Alfian N/Nanang Purnomo
Publish :

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password