Pakaian Adat Dari Berbagai Daerah Warnai Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar-Polres Sintang, Dengan semangat  sumpah pemuda 28 Oktober 1928, Kanit Sabhara Polsek Binjai Hulu hadiri Upacara peringatan Sumpah Pemuda  di SMP Negeri 1 Binjai Hulu. Sabtu (28/10/2017).

Upacara kali ini begitu unik karena mulai dari peserta sampai dengan pembina upacaranya diwajibkan mengenai pakaian adat daerah yang ada di seluruh Indonesia seseuai dengan makna yang ada di dalam Naskah Sumpah Pemuda yang isinya “Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia, Berbangsa yang satu bangsa Indonesia dan Menjunjung Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia.

Setelah upacara para peserta melakukan karnaval keliling lingkungan sekitar untuk mengenalkan kepada warga jenis pakaian adat. Kegiatan diisi juga dengan lomba baca puisi dengan tema perjuangan para pemuda dan fashion show pakaian adat terbaik.

Bertindak Pembina Upacara adalah Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Binjai Sdr.Florensius S.Pd dalam amanatnya isinya adik adik siswa harus meneruskan perjuangan para pemuda-pemudi pada zaman penjajahan dulu dengan mengisi kemerdekaan dengan belajar yang rajin,  dan  tidak berbuat yang melanggar aturan serta patuh terhadap orang tua dan guru.ungkap Sdr.Florensius

Menurut salah satu siswa sebut Dian namanya mengatakan dirinya senang dengan adanya kegiatan seperti  ini karena dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap NKRI yang dimulai sejak dini serta dapat menyatukan  keberagaman sesuai dengan “Semboyan Bhinneka Tunggal Ika” meskipun berbeda beda tetapi tetap satu jua.

Pengamanan  ini dipimpin oleh Kanit Sabhara Bripka Ahmad Anwar bersama anggotanya Briptu Waluyo Utomo.Selama kegiatan berlangsung situasi berjalan  aman dan kondusif.

Penulis : Eky
Editor    : Alfian Nurnas/Nanang.P
Publish  :Chia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password