Polres Lampung Barat Peringati Upacara Sumpah Pemuda

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung/Polres Lampung Barat. Kepolisian daerah Lampung Barat menggelar upacara peringati hari sumpah pemuda ke-89 yang di gelar di Lapangan Mapolres Lampung Barat sabtu 28/10/17 pukul 08.00 wib.

Kepala Kepolisian Resor Lampung Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Tri Suhartanto,S.Ik. memimpin langsung jalannya upacara tersebut, turut hadir dalam kegiatan upacara Waka Polres Lampung Barat Kompol Sukandar,SH. Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran berikut seluruh anggota Polres Lampung Barat dan masing-masing Polsek sebanyak 10 personil serta PNS Polri.

WhatsApp Image 2017-10-28 at 11.52.47Dalam amanat Kapolres Lampung Barat saat menjadi inspektur upacara mengatakan, khususnya para pemuda dan pemudi yang tercinta. pada hari ini, kita memperingati hari yang bersejarah bagi bangsa indonesia, khususnya di kalangan para pemuda dalam memperjuangkan indonesia menjadi sebuah negara yang merdeka dan berdaulat.

setiap tanggal 28 oktober, kita tidak bisa melupakan peristiwa penting yang sangat bersejarah itu; yaitu lahirnya sebuah pergerakan para pemuda tingkat nasional menuju indonesia merdeka. yaitu lahirnya sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 1928.

sebagaimana kita ketahui bahwa pada tahun 1925, para pelajar di luar negeri mendirikan organisasi yang bernama Perhimpunan Indonesia (pi) yang berpusat di negeri belanda. organisasi ini adalah kelanjut an dari organisasi indische verenigiung yang dibentuk pada tahun 1908, yang lalu berganti nama menjadi indonesiche vereeniging pada tahun 1922.

WhatsApp Image 2017-10-28 at 11.52.50pada tahun 1926 mereka menyelenggarakan kongres pemuda indonesia I di jakarta. namun kongres pertama ini belum membuahkan hasil yang kongkrit. pada akhir bulan oktober 1928, diadakan lagi kongres pemuda indonesia II dan dalam kongres ini diambil langkah dan keputusan penting yang dikenal dengan istilah sumpah pemuda.

kami putra-putri bangsa indonesia, bertanah air satu, tanah air indonesia;

kami putra-putri bangsa indonesia, berbangsa satu, bangsa indonesia;

kami putra-putri bangsa indonesia, berbahasa satu. bahasa indonesia.

inilah sumpah sakti para pemuda yang mempersatukan mereka dalam wadah satu persatuan dan kesatuan bangsa. berkat sumpah pemuda ini, pada tahun 1930, terbentuklah organisasi nasional pemuda yang bernama Indonesia Muda

melalui peringatan hari sumpah pemuda ini, kita jadikan sebagai pendorong untuk membangkitkan semangat perjuangan kita demi masa depan bangsa dan regara. para pemuda memegang peranan penting dan menentukan arah perjuangan bangsa yang kini sedang berlangsung

WhatsApp Image 2017-10-28 at 11.54.58sementara itu generasi tua haruslah benar-benar memperhatikan pendidikan anak anaknya, supaya mereka berilmu tinggi, berbudi pekerti yang luhur, memiliki kecakapan dan etos kerja yang baik, profesional inovatif, namun tetap mempunyai ruh semangat juang dan menjunjung tinggi martabat bangsa dan negara.

satu tanah air indonesia! satu bangsa, bangsa indonesia dan satu bahasa, bahasa indonesia, semoga tuhan yang maha esa senantiasa memberikan kekuatan dan bimbingan kepada kita semua dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,”ucap Kapolres.

ingat semangat jiwa persatuan dan kesatuan haruslah kalian resapi sedalam-dalamnya. sehingga kalian tetap maju pantang mundur dalam memperjuangkan kepentingan bangsa,”tutup kapolres.

Penulis         : Edi Susanto/Polres Lampung Barat

Editor          : Alfian Nurnas

Publish         : Edi Susanto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password