Agar Tahanan Polres Lubuklinggau Tidak Jenuh, Polisi Lakukan ini

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel, Ada suasana berbeda di ruang tahanan Polres Lubuklinggau. Sejumlah tahanan dari berbagai kasus tindak pidana terlihat sedang asyik membaca buku agama dan ilmu pengetahuan. Mereka berharap setelah selesai menjalani hukuman, dapat hidup lebih baik dari sebelumnya.

M Nasir, salah satu tahanan mengungkapkan, baru sekitar dua hari ini dia membaca buku agama yang dipinjamkan oleh Polres Lubuklinggau. Buku itu dibacanya berulang–ulang mulai dari halaman pertama sampai terakhir.

WhatsApp Image 2017-10-27 at 06.05.03

“Saya pinjam buku kunci ibadah, didalamnya berisi tuntutan cara–cara beribadah. Ini sangat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan agama,” katanya.

Menurutnya, buku kunci ibadah dipinjamkan petugas Polres Lubuklinggau. Setiap dua hari sekali seluruh tahanan dipersilakan memilih satu buku sesuai keinginannya.

 “Ada yang pinjam kisah nabi, tata cara ibadah, ilmu pengetahuan dan buku cerita. Setiap hari kami diminta buat ringkasan dari buku yang kami baca, lalu diserahkan kepada petugas,” ungkapnya.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Hajat Mabrur Bujangga melalui salah satu pengelola pojok perpustakaan Bripda Eka menerangkan, setiap tahanan dipinjamkan buku sesuai minat bacanya. Buku itu dikembalikan lagi setelah dua hari peminjaman dan diganti dengan buku bacaan lainnya.

WhatsApp Image 2017-10-27 at 06.05.02

“Kita hanya menawarkan kepada mereka untuk membaca buku agar lebih bermanfaat. Setelah dibaca lalu diminta untuk meringkas apa yang sudah dibacanya dalam bentuk tulisan, kemudian dikumpulkan kepada kita. Nanti kita usahakan memberi hadiah bagi ringkasan tulisan dinilai paling baik,” jelasnya.

Di Mapolres Lubuklinggau sendiri rencananya akan dibuat 4 pojok perpustakaan. Yaitu, di ruang pembuatan SIM, pembuatan SKCK, dekat ruang tahanan dan perpustakaan inti Polres di samping Gedung Bhayangkara, pungkasnya.

Penulis : Ermi / Polres Lubuklinggau

Editor   : Alfian

Publish : Yulius / Polda Sumsel

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password