Tingkatkan Sumber Daya Manusia, 50 Personel Ditlantas Polda Bali Ikuti Kegiatan Bintek

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Sebanyak 50 personel terdiri dari KBO (Kaur Binops), Kanit Laka, Kanit Dikyasa dan dua personel perwakilan dari Satlantas Polres jajaran Polda Bali mengikuti kegiatan Bintek di Ruang Rapat Ditlantas Polda Bali, Jumat (27/10/2017). Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 27 sampai dengan 28 Oktober ini, dibuka langsung Direktur Lalu Lintas Polda Bali Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana, S.H., S.I.K.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme personel dalam melaksanakan tugas di lapangan selaku pelindung, pengayom, pelayan masyarakat terutama di bidang Rekayasa dan Kecelakaan Lalu Lintas,” ujar Dirlantas Lantas Polda Bali.

Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana, S.H., S.I.K. menambahkan, jajaran lalu lintas di kewilayahan agar menindaklanjuti kebijakan Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose. Dimana polisi harus terjun kelapangan dan hadir ditengah-tengah masyarakat untuk menimbulkan citra positif sehingga Polri semakin dicintai dan dipercaya.

“Jajaran lalu lintas harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan harus peduli akan adanya kemacetan. Jangan hanya berorientasi adanya pimpinan yang lewat. Pelaksanaan tugas agar jangan berpedoman pada waktu, kita harus siap dan legowo kerja melebihi waktu dengan melihat situasi sekarang ini,” imbuhnya.

Pelaksanaan Bintek ini tidak hanya melibatkan instruktur dari kalangan internal Ditlantas saja, namun juga menghadirkan instruktur dari instansi luar seperti Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Jasa Raharja dan Satker Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Bali.

Bintek kali ini sedikit berbeda dengan tahun lalu. Kali ini para peserta diberikan materi pengenalan alat-alat TAA (Traffic Accident Analysis) yang disampaikan langsung oleh Kasubdit Bin. Gakkum Ditlantas Polda Bali, AKBP Andy Prihastomo, S.H., S.I.K., M.H. Menurutnya, alat TAA digunakan untuk mengetahui keakuratan penyebab kecelakaan dari berbagai aspek, seperti manusia, kendaraan, jalan atau lingkungan.

“Dengan demikian Satuan Lalu Lintas akan mampu merekonstruksi kasus-kasus kecelakaan yang membawa banyak korban, baik untuk kepentingan pro-yustisia maupun pengkajian atau penelitian guna pengambilan keputusan yang akurat dalam rangka pencegahan atau menanggulangi kecelakaan,” kata AKBP Andy Prihastomo, S.H., S.I.K., M.H.

Selain itu, materi Rekayasa dan Kecelakaan Lalu Lintas juga diberikan kepada para peserta. Kasubdit Dikyasa AKBP Drs. I Nyoman Sukasena menyampaikan materi tentang Rekayasa Lalu Lintas. Sedangkan materi Lakalantas diisi oleh Kasi Prasjal Ditlantas Polda Bali Kompol Putu Sugiartini.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password