Gowes Bareng, Bupati Pringsewu Lampung Tinjau Rumah Tak Layak Huni dan 3 Titik Pengerjaan Proyek

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Jajaran Polsek Pringsewu Polres Tanggamus menggelar pengamanan gowes sepeda bareng Bupati Pringsewu Hi. Sujadi dan Wabup Hi. Fauzi bersama Forkopimda, Jum’at (27/10/17) pagi.

“rute start gowes bareng di mulai dari Pendopo dan finish di Pendopo Pringsewu. Selain mengikuti kegiatan kami juga menggelar pengamanan di Pendopo dan jalur gowes”, kata Kapolsek Pringsewu Kompol Andik Purnomo Sigit, SH. S.Ik. MM.

Pada kesempatan Gowes bareng, Bupati mampir di areal persawahan gunung kancil bersilaturahmi dengan petani padi kemudian meninjau 2 unit rumah tidak layak huni terbuat dari geribik dan berlantai tanah.

Peninjauan dilanjutkan di tiga titik pengerjaan proyek yang ada di Kecamatan Pringsewu. Ketiga titik proyek yang pertama disinggahi yakni pembangunan ‎pekerjaan Jaringan dan Peripipaan Ipal Komunal merupakan program Sanitasi Berbasis Masyarakat Islamic Development Bank (Sanitasi IDB) dari ‎Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang berada ‎di RT.03/LK.5 Kelurahan Pringsewu Timur. Kini sudah sekitar 90 persen selesai.

Bupati Hi. Sujadi  dan Wabup Fauzi menyapa dan membantu  warga.
Bupati Hi. Sujadi  dan Wabup Fauzi menyapa dan membantu warga.

Peninjauan kedua, diproyek pembangunan ruas jalan di Veteran ‎atau di samping Tugu Pemuda Pringsewu Barat yang mulai dikerjakan. Kemudian berlanjaut peninjauan ketiga di Pringsewu Utara yakni pengerjaan proyek Drainase yang sedang dalam pengerjaan, sekitar 50 persen.

Pada peninjauan ketiga titik proyek itu, Bupati Sujadi didampingi Wabup Fauzi beserta kepala OPD sambil Gowes sepeda bersama jajaran Pemkab Pringsewu, sepanjang 10 Km star-finish di Pendopo Pringsewu.

Saat meninjau di lokasi proyek Ipal Sanitasi Berbasis Masyarakat di Pringsewu Timur, Bupati Sujadi dan Wabup Fauzi menyempatkan berkeliling mulai dari pusat bangunan sebagai penampungan Ipal hingga pembuangan ‎limbahnya.

Kemudian berlanjut berdialog dengan ‎pengurus LKM dan KSM Maju Bersama yang mengelola pekerjaan Ipal tersebut. Tentang keberadaan status tanah hibah, cara pengerjaan hingga fungsi kedepannya.

Bupati Hi. Sujadi  dan Wabup Fauzi meninjau Proyek pembangunan ruas jalan Vetran samping Tugu Pemuda, Pringsewu Barat.
Bupati Hi. Sujadi  dan Wabup Fauzi meninjau Proyek pembangunan ruas jalan Vetran samping Tugu Pemuda, Pringsewu Barat.

Hi. Sujadi mengapresiasi adanya program Ipal tersebut, kendati bangunan dibawahnya berbentuk bak besar dan dicor, juga sebagai tempat penampungan pembuangan air limbah rumah tangga, tetapi ‎diatasnya dapat dipergunakan sebagai sarana bermain dan belajar bagi anak-anak, bahkan bisa sebagai sarana berdiskusi bagi masyarakat setempat.

Hi. Sujadi menghimbau ‎kepada masyarakat sekitar lokasi pembangunan Ipal tersebut agar dapat merawatnya dengan baik dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait jika menemukan kendala terutama adanya folusi udara yang bau.

“Yang penting harus ada komunikasi yang baik antara warga setempat juga dengan pihak-pihak terkait agar jangan ada permasalahan dikemudian hari,”harap Hi. Sujadi.

Sementara itu  Kabid Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Pringsewu Rini Andalusia menuturkan di Kabupaten Pringsewu tahun 2017 ini ada enam (6) titik Pekerjaan Jaringan dan Peripipaan Ipal Komunal atauSanitasi Berbasis Masyarakat Islamic Development Bank (Sanitasi IDB) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Keenam proyek itu, empat  ‎berada di Kecamatan Pringsewu yakni di Pekon Bumiayu, Margakaya, Rejosari, Kelurahan Pringsewu Timur dan dua di Kecamatan Ambarawa di Pekon Tanjung Anom dan Sumberagung.

Menurutnya, program itu direalisasikan yang penting ada masyarakat yang mau menghibahkan tanahnya minimal 9×3 m untuk pembuatan bak penampungan. “Tetapi jika menghibahkan lahannya lebih ‎luas maka lebih bagus. Sebab fungsi dan kegunaannya akan lebih banyak lagi,”jelas Rini Andalusia.

Peninjauan kedua, ke proyek pembangunan ruas jalan di Vetran ‎atau di samping Tugu Pemuda Pringsewu Barat yang mulai dikerjakan. Kemudian berlanjut peninjauan ketiga di Pringsewu Utara yakni pengerjaan proyek Drainase yang sedang dalam pengerjaan, sekitar 50 persen.‎

Kegiatan yang dimulai pukul 06.30 Wib berakhir sekitar pukul 10.00 Wib, hingga rombongan kembali berakhir lancar. (*)

Penulis : Tim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : N.Muslih / Polres Tanggamus

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password